SOLOPOS.COM - Warga menunggu pembagian jenang kepada dalam acara Festival Jenang Solo 2013 di Koridor Budaya Ngarsopuro, Solo, Minggu (17/2/2013). (Maulana Surya/JIBI/SOLOPOS)

Warga menunggu pembagian jenang kepada dalam acara Festival Jenang Solo 2013 di Koridor Budaya Ngarsopuro, Solo, Minggu (17/2/2013). (Maulana Surya/JIBI/SOLOPOS)

Pemberdayaan perempuan di Kudus terus digalakkan. Salah satunya dengan melatih kaum perempuan untuk membuat jenang dari buah buahan

Promosi Jelang Lebaran, BRI Imbau Nasabah Tetap Waspada Modus Penipuan Online

 

Kanalsemarang.com, KUDUS – Puluhan perempuan di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, dilatih membuat jenang berbahan buah lokal yang mudah didapatkan sehingga nantinya bisa menambah penghasilan mereka.

Menurut pemilik industri jenang Menara Muh. Masduq, di sela-sela mendampingi peserta pelatihan membuat jenang di tempat usahanya di Desa Kaliputu, Kecamatan Kota, Kudus, Rabu (15/4/2015), peserta yang mengikuti pelatihan membuat jenang berbahan buah sebanyak 24 orang yang berasal dari tiga desa di Kecamatan Dawe.

Kegiatan tersebut, kata dia, merupakan hasil kerja sama dengan Badan pemberdayaan masyarakat perempuan dan keluarga berencana (BPMPKB) Kudus yang ingin memberikan keahlian cara membuat jenang berbahan buah-buahan.

Apalagi, lanjut dia, buah-buahan yang bisa dibuat jenang cukup banyak dan mudah didapat, seperti pisang, durian, dan nangka.

Untuk saat ini, kata dia, uji cobanya menggunakan pisang yang harga jualnya cukup murah dan mudah didapat.

Dwi Pujiastuti, salah seorang peserta sekaligus ketua kelompok ekonomi perempuan dari Desa Samirejo, Kecamatan Dawe, Kudus mengungkapkan, kelompoknya yang ikut pelatihan sebanyak delapan orang.

“Kami memang belum pernah membuat jenang berbahan pisang, namun jenang pada umumnya ada yang sudah bisa membuat,” ujarnya seperti dikutip Antara.

Setelah mendapatkan pengetahuan cara membuat jenang berbahan pisang, kata dia, tentunya akan dipraktikkan untuk membuat produk serupa dengan bahan buah-buahan lainnya.

Ia berharap, keterampilan baru tersebut bisa meningkatkan penghasilan ibu-ibu rumah tangga karena ada yang merintis usaha dengan menerima pesanan membuat aneka kue.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya