SOLOPOS.COM - Pemerintah Desa Keser Kecamanat Tunjungan, Kabupaten Blora mencanangkan gerakan penanaman bibit pohon bersama Bupati Blora, Arief Rohman. (blorakab.go.id)

Solopos.com, BLORA -- Pemerintah Desa Keser Kecamatan Tunjungan, Kabupaten Blora mencanangkan gerakan penanaman bibit pohon bersama Bupati Blora, Arief Rohman, Sabtu (3/4/2021).

Mengutip laman blorakab.go.id, Kepala Desa Keser, Soedjono, menyampaikan kegiatan itu terselenggara berkat kerja sama dengan Cabang Dinas Kehutanan (CDK) Wilayah I, Kelompok Tani Hutan (KTH) Anem Ambawani serta karang taruna desa setempat.

Promosi Tenang, Asisten Virtual BRI Sabrina Siap Temani Kamu Penuhi Kebutuhan Lebaran

Dijelaskan Kades Keser di hadapan Bupati Blora, Pemdes Keser telah menyediakan lahan seluas 2,10 hektare (tanah tunggak semi) untuk pengembangan desitasi wisata dan arboretum bambu. Arboretum adalah tempat berbagai pohon ditanam dan dikembangbiakkan untuk tujuan penelitian atau pendidikan

Baca Juga : Bupati-Wabup Blora Belajar Pengelolaan Sistem Resi Gudang Ke Bupati Jekek

Untuk saat ini telah ditanam 38 jenis bibit bambu dengan total 750 rumpun pada lahan seluas 0,5 hektare. “Itu tanah banda desa, yang biasanya dilelang. Harapannya jika nanti bisa berkembang untuk wisata edukasi bambu maka lahannya akan ditambah. Ke depan dikelola oleh BUMDes Keser sehingga nanti lahannya akan kami tambah lagi,” kata dia.

Ia menjelaskan selain arboretum bambu, Pemdes Keser bersama warga dan karang taruna telan menanam 700 bibit tananam kelengkeng di lokasi setempat, serta bibit pohon gayam yang di tanam di sejumlah titik lokasi.

Kades Keser mengatakan kebetulan anak-anak muda di desa Keser sudah ada yang membuat kerajinan dari bambu. Nantinya bambu di desa menjadi bahan baku kerajinan yang selama ini sudah berproduksi dan sudah dipamerkan.

Baca Juga : Pemkab Butuh Rp400 Miliar Untuk Bisa Perbaiki Jalan Di Blora Pada 2022

Kerajinan itu berupa gelas, cangkir dari bahan bambu.“Bahkan di sisi ada juga surelawan yang membuat lukisan dari pelepah pisang [gedebog]. Sehingga besar harapan kami pemuda dan warga sini semuanya bisa berkembang,” ucapnya.

Sementara itu, Bupati Blora, Arief Rohman, didampingi Kepala Desa Keser dan CDK Wilayah I, menanam bibit pohon kelengkeng sebagai salah satu upaya memberikan dukungan kepada warga desa Keser.

“Yang penting setelah menanam ini adalah harus diikuti dengan perawatan. Kalau setelah ditanam kemudian dirawat dengan baik akan menghasilkan yang bagus sehingga hasilnya bisa dikerjasamakan dengan CDK,” kata Bupati.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya