SOLOPOS.COM - Prof Akhmad Sodiq terpilih sebagai rektor baru Unsoed periode 2022-2026 melalui pemungutan suara. (Solopos.com-Antara)

Solopos.com, PURWOKERTO — Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto memiliki rektor baru untuk periode 2022-2026. Rektor baru kampus perguruan tinggi negeri di Purwokerto, Banyumas, itu tak lain adalah Prof. Dr. Ir. Akhmad Sodiq, M.Sc.Agr., yang sebelumnya menjabat sebagai Wali Rektor.

Ketua Panitia Pemilihan Rektor Unsoed, Dr. Ir. Isdy Sulistyo, DEA., mengatakan pemilihan rektor berlangsung dalam rapat senat tertutup dengan dihadiri wakil dari Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi. Pemilihan dilakukan melalui pemungutan suara.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

“Hasilnya, Prof. Dr. Ir. Akhmad Sodiq, M.Sc.Agr mendapatkan 76 suara, kemudian Dr. Ir. V. Prihananto, M.Si. sebanyak 38 suara, dan Prof. Ir. Totok Agung Dwi Haryanto, M.P., Ph.D. sebanyak 8 suara. Dengan demikian yang terpilih adalah Prof Sodiq,” katanya, dikutip Antara, Kamis (24/3/2022).

Baca juga: Ini Dia Empat Kandidat Rektor Unsoed Purwokerto

Sesuai dengan Peraturan Senat Universitas Jenderal Soedirman Nomor 1 Tahun 2021 tentang Tata Cara Pengangkatan Rektor Universitas Jenderal Soedirman Masa Jabatan 2022-2026, pemilihan rektor perguruan tinggi negeri tersebut dilakukan secara langsung dengan komposisi suara Senat Universitas sebanyak 65 persen dan suara Mendikbud Ristek sebesar 35 persen.

Terkait dengan hasil pemilihan rektor tersebut, Akhmad Sodiq menyampaikan terima kasih atas kebersamaan seluruh anggota Senat Universitas serta dosen dan karyawan Unsoed Purwokerto, sehingga agenda Pemilihan Rektor Unsoed periode 2022-2026 dapat berjalan lancar dan sukses tanpa halangan apa pun.

“Terima kasih kepada semua. Yang kedua, ke depan ini kan membangun bersama-sama, artinya kami harus bekerja bersama-sama dengan seluruh komponen terutama yang ada di civitas academica Universitas Jenderal Soedirman dan juga dengan teman-teman eksternal terutama dengan media juga, ini sangat membantu kami,” katanya.

Kendati demikian, dia mengatakan untuk langkah awal yang jelas adalah melanjutkan program-program yang telah direncanakan oleh Rektor Unsoed periode 2018-2022, Prof. Dr. Ir. Suwarto, M.S.

Baca juga: Pemilihan Rektor Undip Diikuti Calon Tunggal

Dalam hal ini, kata dia, Unsoed Purwokerto memiliki delapan indikator kinerja utama (IKU) namun yang masih ada kekurangan pada IKU 1, IKU 2, dan IKU 8.

“IKU 8 itu kalau boleh saya sampaikan adalah internasionalisasi. Jadi, bagaimana program-program studi yang ada di Unsoed ini bisa terakreditasi internasional di samping juga international collaboration, mudah-mudahan ini bisa ditingkatkan,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya