SOLOPOS.COM - Pindang Serani Jepara

Solopos.com, JEPARA — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jepara, Jawa Tengah (Jateng), bakal melakukan pemecahan rekor Museum Rekor Dunia Indonesia (Muri). Pemecahan rekor itu kali ini digelar dengan menyajikan menu makanan atau kuliner khas Jepara berupa pindang serani sebanyak 9.200 porsi.

Informasi yang dihimpun Solopos.com, Pemkab Jepara saat ini sudah mulai melaksanakan rapat koordinasi lintas sektoral untuk melakukan pemecahan rekor Muri itu. Pemecahan rekor itu juga sebagai salah satu upaya Pemkab Jepara dalam mengampanyekan gemar makan ikan (Gemarikan).

Promosi Jelang Lebaran, BRI Imbau Nasabah Tetap Waspada Modus Penipuan Online

“Gemarikan atau konsumsi ikan menjadi salah satu upaya pemenuhan gizi untuk menekan angka stunting di Kota Ukir [Jepara],” kata Assisten II Sekretaris Daerah (Sekda) Jepara, Hery Yulianto, kepada Solopos.com, Selasa (16/1/2024).

Hery menjelaskan, pindang serani dipilih karena merupakan salah satu makanan khas atau makanan lokal yang ada di Kabupaten Jepara. Biasanya pindang serani juga disajikan untuk tamu-tamu pejabat yang hadir dari luar daerah ke Jepara.

Lebih jauh, mengenai tampilan, pindang serani sekilas semacam sup ikan laut. Namun untuk rasa ada ciri khas antara perpaduan pedas dan asam manis yang cocok disajikan di siang hari.

Sementara itu, Kepala Dinas Perikanan (Diskan) Jepara, Farikhah Elida, membeberkan kegiatan pemecahan rekor Muri sajian pindang serani terbanyak akan dilaksanakan pada Kamis (25/1/2024) di objek wisata Pantai Bandengan. Kegiatan tersebut akan diikuti masyarakat umum, perangkat daerah, camat, dan petinggi desa.

“Selain itu juga bekerja sama dengan chef di Kabupaten Jepara. Dan Alhamdulillah segala persiapan sudah kami laksanakan bersama perangkat daerah. Semoga berhasil untuk pemecahan rekor Muri kali ini,” harap Elida.

Sekadar informasi, pemecahan rekor Muri sajian berbahan ikan ini bukan kali pertama digelar Pemkab Jepara. Sebelumnya, Pemkab Jepara juga menggelar pemecahan rekor Muri dalam menyajikan ikan bakar terbanyak pada Oktober 2023 lalu. Acara pemecahan rekor Muri kala itu digelar di Pantai Telukawur, Kecamatan Tahunan, dengan menyajikan 5.000 porsi ikan pakar dengan bumbu serepeh khas Jepara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya