SOLOPOS.COM - Bupati Purbalingga, Dyah Hayuning Pratiwi. (Antara)

Solopos.com, PURBALINGGA– Pemkab Purbalingga memperkuat sinergi dan kolaborasi dengan sejumlah pihak guna mempercepat penanganan Covid-19. Mengutip Antara, Kamis (19/8/2021), Bupati Purbalingga, Dyah Hayuning Pratiwi, mengatakan percepatan penanganan pandemi Covid-19 secara kolaboratif terus dilakukan guna menurunkan jumlah kasus aktif di wilayah Purbalingga.

Selain memperkuat kolaborasi, Bupati juga terus menggencarkan gerakan Jaga Tangga di tengah masyarakat. “Jaga Tangga merupakan program yang digencarkan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, yakni gerakan menjaga tetangga secara bersama-sama selama pandemi Covid-19,” katanya.

Promosi Cuan saat Ramadan, BRI Bagikan Dividen Tunai Rp35,43 Triliun

Gerakan tersebut berbasis komunitas dan memerlukan peran aktif masyarakat untuk bersama-sama dengan pemerintah dalam upaya mempercepat penanganan Covid-19. Bupati menjelaskan bahwa gerakan ini mengedepankan kearifan lokal yang pelaksanaannya secara bergotong royong dan berempati.

Baca Juga : Sungai Klawing, Sumber Material Cincin Akik Purbalingga

“Ada tetangga yang ternyata positif maka dibantu keluarganya, jangan dikucilkan. Jika ada warga yang baru berpergian dari luar kota, diberikan edukasi untuk isolasi mandiri,” katanya.

Dyah Hayuning Pratiwi mengemukakan bahwa pelbagai upaya, terutama di tengah pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM), telah menurunkan angka kasus aktif selama dua pekan terakhir.

“Kasus aktif yang beberapa pekan lalu sempat mencapai angka 3.406 kasus. Pada saat ini sudah menurun pada angka 964 kasus. Dari jumlah itu, sebanyak 249 orang tengah menjalani perawatan di fasilitas kesehatan dan 715 tengah menjalani isolasi mandiri,” katanya.

Ia mengatakan bahwa pihaknya terus memperkuat kapasitas 3T, yaitu testing (pemeriksaan), tracing (pelacakan), dan treatment (penanganan) guna mendukung percepatan penanganan Covid-19.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya