SOLOPOS.COM - Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi, saat meninjau GT Kalikangkung saat arus mudik Lebaran, Sabtu (15/4/2023). (Solopos.com-Bidhumas Polda Jateng)

Solopos.com, SEMARANG — Gelombang arus mudik Lebaran 2023 di wilayah Jawa Tengah (Jateng) sudah terasa sejak hari ini, Sabtu (15/4/2023). Bahkan tanda-tanda dimulainya arus mudik itu terlihat dengan mulai meningkatnya arus lalu lintas di sejumlah ruas jalan yang dilalui pemudik, seperti Gerbang Tol Kalikangkung.

Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi, menyebutkan arus lalu lintas di Gerbang Tol (GT) Kalikangkung memang mulai mengalami kenaikan pada Sabtu (15/4/2023). Jika biasanya ada sekitar 1.000 kendaraan yang melintas di gerbang tol itu, per hari ini mulai meningkat sekitar 15%.

Promosi Jaga Keandalan Transaksi Nasabah, BRI Raih ISO 2230:2019 BCMS

“Yang biasanya melintas 1.000 kendaraan per jam, hari ini sudah 1.200 kendaraan. Jadi ada kenaikan sekitar 15 persen. Diperkirakan mencapai puncakny pada 18 [April] nanti,” ujar Kapolda Jateng saat mengecek kesiapan jajaran Polda Jateng dalam menyambut arus mudik di GT Kalikangkung, Sabtu.

Kapolda Jateng memprediksi akan ada sekitar 3.000 kendaraan yang melintas di GT Kalikangkung dalam kurun waktu 1 jam selama mudik Lebaran. Untuk itu, pihaknya telah menyiapkan sejumlah strategi untuk mengantisipasi terjadi penumpukan jumlah kendaraan.

“Bila perlu nanti akan diberlakukan sistem one way, melalui berkoordinasi dengan Korlantas Polri. One Way melalui berkoordinasi dengan Korlantas Polri. Dan tiap rest area akan dibatas waktu berkunjung selama 30 menit untuk mencegah kepadatan jumlah pengunjung,” ungkapnya.

Pihaknya juga telah berkoordinasi dengan para pengelola rest area untuk menyiapkan menu take away untuk mempersingkat waktu kunjung di rest area. “Kami imbau juga para pemudik untuk tidak beristirahat di bahu jalan tol. Selain melanggar peraturan, hal itu juga membahayakan bagi dirinya dan pengguna jalan lainnya,” ujarnya.

Kapolda Jateng menyatakan ada sekitar 253 pos mudik Lebaran yang disiapkan satuannya di seluruh wilayah Jateng. Selain itu, Polda Jateng juga menyiapkan 21.000 personel gabungan untuk mengamankan arus mudik dan arus balik Lebaran.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya