SOLOPOS.COM - Api membakar lahan Gunung Merbabu terlihat di Desa Jlarem, Gladagsari, Boyolali, Jawa Tengah, Sabtu (28/10/2023). Menurut warga setempat api mulai membakar Gunung Merbabu pada Jumat (27/10) sore. ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho/Spt.

Solopos.com, SEMARANG — Sebanyak lima jalur pendakian di Gunung Merbabu ditutup dampak dari gunung tersebut dilanda kebakaran, Jumat (27/10/2023). Di sisi lain, bagi pendaki yang terlanjur reservasi juga dialihkan sementara ke Gunung Sumbing atau Gunung Sindoro.

Informasi penutupan jalur pendakian itu diumumkan Balai Taman Nasional Gunung Merbabu (BTNGMb) melalui surat pengumuman Nomor PG.06/T.35/TU/Teknis/10/2023 bertanda tangan Plt Kepala Balai, Nurpana Sulaksono, tertanggal Sabtu (28/10/2023). Dalam pengumuman tersebut, dituliskan tiga hal.

Promosi Cerita Klaster Pisang Cavendish di Pasuruan, Ubah Lahan Tak Produktif Jadi Cuan

“Seluruh jalur pendakian di Taman Nasional Gunung Merbabu ditutup mulai 28 Oktober 2023 hingga batas waktu yang belum ditentukan,” tulis dalam poin pertama seperti yang dikutip Solopos.com, Sabtu.

Isi poin kedua, berdasarkan adanya penutupan pendakian, maka kuota booking online pendakian pada November untuk sementara ditutup. Poin ketiga, bagi calon pendaki yang sudah melaksanakan pembayaran booking secara daring untuk pendakian Gunung Merbabu, dapat melakukan penjadwalan ulang.

Nantinya, penjadwalan ulang akan diinformasikan lebih lanjut lewat helpdesk pendakian di nomor 0811 2850 6666 atau call center di 0811 2950 970. Sebagai informasi, ada lima jalur pendakian Gunung Merbabu di antaranya via Selo lewat Dusun Genting, Desa Tarubatang, Kecamatan Selo, Kabupaten Boyolali.

Jalur kedua via Cuntel lewat Dusun Cuntel, Desa Kopeng, Kecamatan Getas, Kabupaten Boyolali. Jalur ketiga via Suwanti lewat Dusun Suwanting, Desa Banyuroto, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang.

Jalur keempat pendakian Merbabu via Thekelan lewat Dusun Thekelan, Desa Batur, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang. Jalur kelima via Wekas lewat Dusun Kedakan, Desa Kenalan, Kecamatan Pakis, Kabupaten Magelang.

Ketua Asosiasi Pemandu Gunung Indonesia (APGI) Jateng, Dasirun, kepada Solopos.com, Minggu (29/10/2023) petang, mengatakan penutupan pendakian di Gunung Merbabu dilakukan sampai batas waktu yang belum bisa disampaikan. Hal itu sesuai informasi di lapangan dan Balai Taman Nasional Gunung Merbabu.

Bagi pendaki yang sudah terlanjur reservasi atau memesan tiket, akan dilanjutkan penjadwalan ulang oleh pengelola. Adapun beberapa pendaki yang telah setuju untuk dialihkan sementara ke Gunung Sumbing atau Gunung Sindoro.

“Iya benar, weekend seperti ini pasti banyak yang lakukan reservasi [pendakian ke Gunung Merbabu]. Tapi karena ada musibah kebakaran ini, pengelola sudah melakukan diskusi dengan tamunya. Dan informasi dari teman-teman, ada yang diusulkan mendaki ke Gunung Sumbing atau Gunung Sindoro. Tapi jumlah pastinya berapa yang dialihkan pendakianya kurang tahu saya, yang pasti enggak sampai ratusan, hanya puluhan,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya