SOLOPOS.COM - Genderang Suling Canka Lokananta di Manahan, Selasa (16/9/2014). (Ardiansyah Indra Kumala/JIBI/Solopos)

Genderang Suling Canka Lokananta Akademi Militer melakukan gladi pembukaan 38th Worl Military Parachuting Championship 2014 di Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah, Selasa (16/9/2014). Lomba terjun payung milter internasional yang diikuti 46 negara tersebut akan dibuka Jumat (19/9/2014). (Ardiansyah Indra Kumala/JIBI/Solopos)

Genderang Suling Canka Lokananta di Manahan, Selasa (16/9/2014). (Ardiansyah Indra Kumala/JIBI/Solopos)

Pendidikan Akmil tingkat II untuk kecabangan Infanteri menggelar materi sruvival. Materi ini diikuti oleh 49 taruna yang belajar bertahan hidup di gunung Tidar

Promosi Aset Kelolaan Wealth Management BRI Tumbuh 21% pada Kuartal I 2024

 

Kanalsemarang.com, MAGELANG – Sebanyak 49 Taruna Akademi Militer tingkat II atau Sersan Taruna kecabangan infanteri mengikuti pembekalan teori dan praktik survival di Gunung Tidar, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Kamis (23/4/2015).

Guru militer yang memberikan pembekalan survival Kapten Infanteri Edy Manuto mengatakan tujuan pemberian materi tersebut agar taruna mengerti dan dapat melaksanakan teknik survival (bertahan hidup) di daerah operasi.

“Prajurit yang sedang melaksanakan operasi tidak menutup kemungkinan terpisah dengan induk pasukannya dan di daerah operasi tersebut kehabisan bahan makanan atau logistik, dalam kondisi yang demikian bagaimana seorang prajurit tersebut mampu untuk mempertahankan hidupnya,” katanya seperti dikutip Antara.

Secara garis besar, katanya, ada dua jenis tananaman dapat dimakan yang harus dikenali yaitu jenis tumbuhan air dan tumbuhan darat serta dua jenis binatang darat dan air yang dapat dimakan sehingga di manapun prajurit tersesat mereka dapat mempertahankan hidupnya sambil menunggu bantuan logistik dari komando atas.

Pada materi survival tersebut para taruna juga dikenalkan pada hewan dan tumbuh-tumbuhan yang dapat dimakan dan bagaimana cara menangkap binatang tersebut serta pengolahannya secara darurat di daerah tugas operasi.

Jenis hewan yang dapat dimakan, antara lain ikan, kepiting, ayam hutan, ular, dan burung hutan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya