SOLOPOS.COM - PKL Keprabon Bongkar Warung dalam Penataan Kawasan

Pedagang kaki lima (PKL) membongkar warung miliknya saat penataan pedagang di Kampung Kusumodiningratan, Keprabon, Banjarsari, Solo, Jawa Tengah, Minggu (11/5/2014). Sembilan PKL yang menempati daerah tersebut akan direlokasi di kios Jl Hasanudin Solo dan Jurug Solo. (Septian Ade Mahendra/JIBI/Solopos)

Ilustrasi Penataan PKL (JIBI/Solopos)

Kanalsemarang.com, KUDUS—Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, segera menertibkan pedagang kaki lima yang berjualan di tepi jalan-jalan protokol di daerah setempat karena dinilai melanggar perda ketertiban, kebersihan dan keindahan.

Promosi Selamat! 3 Agen BRILink Berprestasi Ini Dapat Hadiah Mobil dari BRI

Menurut Kepala Satpol PP Kudus Abdul Halil di Kudus, Minggu, semua PKL yang dinilai melanggar aturan memang menjadi target sasaran penertiban Satpol PP Kudus.

Salah satu lokasi PKL yang menjadi target penertiban pekan ini, yakni di kompleks GOR Wergu Kudus.

Untuk sementara, kata dia, mereka diberi pengertian bahwa keberadaan mereka selama ini melanggar Perda 10/1996 tentang K3.

Ia mencatat, ada sekitar 15 PKL yang berjualan di tepi Jalan GOR Wergu Kudus, terutama di sisi pagar Kantor KONI Kudus.

Keberadaan mereka, kata dia, selain melanggar perda juga berpotensi mengganggu kelancaran arus lalu lintas karena keberadaannya persis di tepi jalan.

“Setelah tersedia tempat yang baru bagi PKL tersebut, tentunya mereka diminta segera pindah,” ujarnya seperti dikutip Antara, (26/10/2014).

Terkait dengan tempat untuk menampung mereka, Satpol PP Kudus berkoordinasi dengan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kudus serta Dinas Perdagangan dan Pengelolaan Pasar Kudus.

Sasaran penertiban berikutnya, kata dia, PKL yang berjualan di tepi jalan-jalan protokol di Kudus karena diperkirakan masih banyak yang belum mematuhi aturan.

Ia berharap, PKL di Kudus yang berjualan tetap mempertimbangkan aturan serta kelancaran arus lalu lintas sekitar.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Perdagangan dan Pengelolaan Pasar Kudus Sudiharti mengatakan PKL yang selama ini berjualan di kompleks GOR Wergu Kudus akan disediakan tempat berjualan yang baru.

Lokasi yang disiapkan, yakni di belakang Taman Krida Kudus yang sudah tersedia lapak jualan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya