SOLOPOS.COM - Ketua Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru PTKIN 2023, Prof. Dr. Imam Taufiq. (Solopos.com-Pokja Humas & Publikasi SPAN-UM PTKIN 2023)

Solopos.com, SEMARANG — Penerimaan mahasiswa baru Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) untuk tahun akademik 2023 akan resmi dibuka hari ini, Jumat (20/1/2023). Pembukaan pendaftaraan mahasiswa baru PTKIN 2023 itu akan dilakukan langsung oleh Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas.

Proses seleksi penerimaan mahasiswa baru PTKIN 2023 nantinya akan digelar dalam dua tahap, yakni Seleksi Prestasi Akademik Nasional atau SPAN-PTKIN dan Ujian Masuk (UM-PTKIN).

Promosi Waspada Penipuan Online, Simak Tips Aman Bertransaksi Perbankan saat Lebaran

SPAN-PTKIN merupakan seleksi nasional calon mahasiswa baru PTKIN berdasarkan prestasi akademi. Peserta SPAN PTKIN adalah siswa sekolah, madrasah, atau pondok pesantren yang akan lulus pada tahun 2023.

Tahapan SPAN diawali dengan pendaftaran sekolah, madrasah, maupun pondok pesantren pada tanggal 17 Januari hingga 13 Februari 2023. Setelah itu, siswa diminta melakukan pendaftaran mulai 16 Februari-4 Maret 2023.

Sedangkaan pengumuman hasil SPAN PTKIN akan digelar pada 3 April 2023. Seluruh proses pendaftaran dan pengumuman akan dilakukan secara online melalui laman https://span.ptkin.ac.id dan tidak dikenakan biaya sepeser pun.

Sementara itu, UM-PTKIN merupakan seleksi calon mahasiswa baru PTKIN melalui tes yang dilaksanakan di PTKIN yang dipilih. Peserta UMPTKIN adalah siswa lulusan tahun 2021, 2022, dan 2023, dan untuk pendaftaran UMPTKIN dikenakan biaya.

Ketua Panitia Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru PTKIN, Prof. Dr. Imam Taufiq, M.Ag, menyebut pada tahun 2023 ini terdapat 59 PTKIN yang terdiri dari 30 universitas, 24 IAIN, dan 5 STAIN. Berbeda dengan tahun 2022 di mana UMPTKIN dilaksanakan secara online, pada tahun 2023 tes UMPTKIN akan dilaksanakan di PTKIN yang dipilih oleh peserta.

“Kami berharap bisa mendapatkan mahasiswa baru terbaik yang dapat memajukan PTKIN. Oleh karena itu, penyelenggaraan SPAN dan UMPTKIN juga terbuka untuk peserta disabilitas. Siswa dengan kebutuhan khusus dapat mengikuti SPAN dan UMPTKIN karena kami menyediakan mode tes yang ramah dan memungkinkan bagi siswa difabel” ujar pria yang juga menjabat sebagai Rektor UIN Walisongo Semarang itu dalam keterangan tertulisnya kepada Solopos.com, Jumat (20/1/2023).

Imam menambahkan secara resmi peluncuran dua jenis seleksi penerimaan mahasiswa baru PTKIN 2023 ini akan dibuka oleh Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas. Peluncurannya akan disiarkan langsung melalui akun resmi Youtube PMB SPAN UM PTKIN mulai pukul 19.00 WIB.

Bagi Sekolah dan Siswa yang ingin melihat ketentuan teknis pendaftaran dapat mengunjungi laman resmi panitia pada website https://ptkin.ac.id/ atau menghubungi helpdesk di nomor 081578901020 (WA chat).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya