SOLOPOS.COM - Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) terpilih Kaesang Pangarep (depan, keempat kanan) dan Sekjen PSI terpilih Raja Juli Antoni (kedua kiri) bersama Ketua Umum PSI periode sebelumnya Giring Ganesha (depan, ketiga kanan), Ketua Dewan Pembina PSI Grace Natalie (depan, ketiga kiri), serta jajaran pengurus meneriakkan yel-yel dalam Kopi Darat Nasional (Kopdarnas) PSI di Jakarta, Senin (25/9/2023). (Antara/Aditya Pradana Putra)

Solopos.com, SEMARANG — Terpilihnya Kaesang Pangarep sebagai Ketua Umum (Ketum) Partai Solidaritas Indonesia (PSI) dinilai memiliki efek dan pengaruh kuat untuk menarik kaum muda. Tercatat, sudah ada sekitar 5.000-an warga di Jawa Tengah (Jateng) diklaim mendaftar sebagai anggota baru.

Ketua DPW PSI Jateng, Yuli Zuardi Rais, mengatakan terpilihnya putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada 25 September 2023 lalu diakuinya membawa pengaruh besar. Meski belum genap sebulan, sosok pria kelahiran 25 Desember 1994 itu berhasil menjadi magnet bagi kalangan milenial.

Promosi Jaga Keandalan Transaksi Nasabah, BRI Raih ISO 2230:2019 BCMS

“Terakhir saya mendapatkan kabar itu sekitar 5.000-an [anggota baru yang mendaftar]. Setelah Mas Kaesang jadi Ketum sekitar 5.000-an,” klaim Yuli kepada Solopos.com, Rabu (18/10/2023).

Yuli menjelaskan ribuan pendaftar atau calon anggota baru PSI tersebut merata tersebar di 35 kabupaten/kota. Pendaftar tidak hanya kalangan anak muda saja, namun dari semua unsur dan golongan.

“Tentunya ini berkat Mas Kaesang yang menarik bagi anak-anak muda untuk terjun ke politik. Makanya ada banyak pendaftar online di seluruh Indonesia atau yang juga datang langsung ke DPD dan DPW,” jelasnya.

Yuli menambahkan setiap hari DPD maupun DPW menerima pendaftaran calon anggota baru PSI, baik online maupun offline. Bahkan, total kader baru secara nasional terus meningkat secara signifikan.

“Setiap hari kita menerima pendaftaran baru melalui online atau langsung melalui kantor DPD, DPW. Jadi setiap hari itu rata rata [nasional] ada ribuan. Jadi memang setiap hari mendapatkan pendaftaran,” akunya.

Saat disinggung soal sikap politik dan arah dukungan di Pemilu 2024, PSI Jateng masih menunggu arahan dari Ketum. Namun saat ini, DPP PSI sedang menjaring berbagai aspirasi dari bawah.

Selain itu, para petinggi partai saat ini tengah intens menjalin komunikasi politik dengan sejumlah partai. Hal ini juga bagian penting sebelum menentukan arah dukungan di Pemilu 2024.

“Seperti yang disampaikan Mas Ketum sudah disaring aspirasi dari berbagai tingkatan mulai dari DPD dan DPW akan mengerucut nanti apa yang menjadi keputusan PSI,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya