SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Ilustrasi tambang pasir besi (www.batubara-indonesia.com)

Ilustrasi (www.batubara-indonesia.com)

Kanalsemarang.com, SEMARANG – Pemerintah Provinsi Jawa Tengah meninjau ulang kontrak pengelolaan tambang feldspar oleh PT Semarang Mineral Pembangunan di Gunung Ragas, Desa Clering, Kecamatan Keling, Kabupaten Jepar, karena jumlah setoran ke pemerintah daerah dinilai terlalu sedikit.

Promosi BRI Cetak Laba Rp15,98 Triliun, ke Depan Lebih Fokus Hadapi Tantangan Domestik

“Pemprov akan meninjau ulang kontrak tambang feldspar yang akan berakhir pada Mei 2015 karena harga ekonomi dari bahan baku utama keramik dan kaca itu tinggi,” kata Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Jateng Teguh Dwi Paryono seperti dikutip Antara, Selasa (14/10/2014).

Hal tersebut disampaikan Teguh usai menghadap Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo di ruang kerjanya untuk melaporkan permasalahan terkait dengan kontrak pengelolaan tambang feldspar.

Ia menjelaskan bahwa PT Semarang Mineral Pembangunan memegang kontrak kuasa pertambangan sejak 1995 yang berlaku selama 20 tahun dan jumlah setorannya hanya sebesar Rp1,8 miliar.

Menurut dia, secara administratif kerja sama antara Pemprov Jateng dengan PT Semarang Mineral Pembangunan itu tidak ada permasalahan dan secara umum berjalan lancar.

“Terkait dengan masa kontrak yang segera berakhir, Pemprov Jateng harus menyiapkan rencana kerja sama kedepan terkait dengan pengelolaan tambang feldspar, apakah tetap memberikan pada PT Semarang Mineral Pembangunan atau mengalihkan pada perusahaan lain,” ujarnya.

Teguh mengungkapkan bahwa Gubernur Jateng Ganjar Pranowo meminta Dinas ESDM Jateng menyusun beberapa rencana yang bisa dilakukan dalam pengelolaan tambang feldspar di Gunung Ragas.

“Kami masih melakukan kajian bersana sejumlah pihak sebelum memilih rencana pengelolaan yang paling menguntungkan dan bisa mendongkrak pendapatan asli daerah,” katanya.

Menurut dia, cukup banyak investor yang berminat pada pengelolaan tambang feldspar di Kabupaten Jepara.

“‘Feldspar’ dari Gunung Ragas diketahui sebagai yang terbaik selain tambang serupa di Lampung,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya