SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/google image)

Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/google image)

Pengembangan industri di Jawa Tengah terus diupayakan. Untuk mencapai tujuan tersebut, Kadin Jateng berharap Pemerintah segera menyiapkan lahan untuk kawasan industri 

Promosi BI Rate Naik, BRI Tetap Optimistis Penyaluran Kredit Tumbuh Double Digit

 

Kanalsemarang.com, SEMARANG- Kamar dagang dan industri (Kadin) Jawa Tengah berharap pemerintah segera menyiapkan lahan yang nantinya akan digunakan sebagai kawasan industri.

“Meskipun pemerintah sendiri mengharuskan setiap kabupaten/kota harus memiliki kawasan industri tetapi penyiapan lahan ini bukan hal yang mudah dan murah,” kata Wakil Ketua Kadin Jateng Bidang Investasi Didik Sukmono di Semarang seperti dikutip Antara, Rabu (22/4/2015).

Menurutnya, realisasi untuk bisa membangun kawasan industri tidak semudah yang dibayangkan. Kendalanya adalah banyaknya spekulan yang masuk dan berupaya untuk menaikkan harga tanah yang sedianya akan digunakan sebagai kawasan industri.

“Investasi awal untuk kawasan industri kan lahan, harganya menjadi mahal karena ada dua faktor, pertama dibeli secara dadakan dan kedua sudah terkontaminasi oleh spekulan,” katanya.

Pihaknya menilai, sebelum dibangun kawasan industri, seharusnya pemerintah setempat sudah menguasai lahan melalui proses pembebasan secara diam-diam, baru kemudian dalam waktu 2-3 tahun dibangun menjadi kawasan industri.

“Yang selama ini terjadi kan pemerintah menyiapkan ‘masterplan’ dulu baru cari tanah, ini menjadi kesempatan bagi spekulan untuk masuk,” katanya.

Meski demikian, sebelum melakukan pembebasan lahan secara perlahan-lahan agar tidak terjadi gejolak harga, yang pertama kali harus dilakukan oleh Pemerintah yaitu memastikan masalah tata ruang.

Upaya selanjutnya adalah segera berkoordinasi dengan asosiasi yang khusus mengelola kawasan industri agar dapat mengetahui dan memilih investor mana yang memenuhi kualitas dan apa yang dibutuhkan untuk masuk di kawasan industri tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya