SOLOPOS.COM - Workshop melukis payung di Festival Payung, Jumat (28/11/2014). (Reza Fitriyanto/JIBI/Solopos)

Anak-anak mengikuti Workshop Melukis Payung di Taman Balekambang, Solo, Jumat (28/11/2014). Wokshop melukis dengan media payung tersebut diprakarsai oleh Red Batik Solo sekaligus untuk memeriahkan Festival Payung Indonesia 2014. (Reza Fitriyanto/JIBI/Solopos)

Workshop melukis payung di Festival Payung, Jumat (28/11/2014). (Reza Fitriyanto/JIBI/Solopos)

Pengembangan wisata di Banyumas terus dikembangkan. Salah satunya dengan menjadikan payung khas buatan Kalibagor sebagai suvenir andalan bagi wisatawan

Promosi Chatbot BRI Sabrina Raih Best in Personalization di Strategy Mata Lokal Award

 

Kanalsemarang.com, PURWOKERTO – Pemerintah Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, bakal menjadikan produk payung kertas khas Kalibagor sebagai suvenir bagi wisatawan, kata Kepala Bagian Humas dan Protokol Sekretariat Daerah Banyumas Agus Nur Hadie.

“Selain sebagai suvenir, payung kertas khas Kalibagor juga akan dipasang di tempat-tempat tertentu sebagai hiasan atau aksesori,” kata Agus di Purwokerto, Kabupaten Banyumas seperti dikutip Antara,  Jumat (17/4/2015).

Ia mengakui bahwa keberadaan industri kerajinan payung kertas khas Kalibagor telah mati suri karena sekarang payung sudah berganti dengan produk pabrikan yang lebih murah dan praktis.

Oleh karena itu, kata dia, Pemkab Banyumas berupaya membangkitkan kembali industri kerajinan payung kertas Kalibagor yang pernah terkenal melalui kegiatan “Banyumas Extravaganza 2015” yang mengusung tema “Payung Kalibagoran Dalam Lambaian Batik Banyumasan”.

“Namun itu bukan berarti kembali ke masa lalu, di mana payung kalibagor menjadi kebutuhan,” katanya.

Menurut dia, dalam kegiatan Banyumas Extravaganza 2015 yang akan digelar pada hari Minggu (19/4), semua peserta terutama yang memeragakan busana batik Banyumasan akan membawa payung kertas khas Kalibagor.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya