SOLOPOS.COM - ilustrasi (JIBI/dok)

Penghijauan di lereng Gunung Merappi. (JIBI/Solopos.com/dok)

Kanalsemarang.com, MAGELANG – Bank Bapas 69 Magelang melakukan penghijauan di lereng Gunung Merapi dengan memberikan bantuan 10.000 bibit sengon kepada masyarakat di Kabupaten Magelang.

Promosi BRI Cetak Laba Rp15,98 Triliun, ke Depan Lebih Fokus Hadapi Tantangan Domestik

“Penanaman 10.000 bibit ini sebagai upaya pelestarian dan konservasi di lereng Gunung Merapi,” kata Direktur Utama Bank Bapas 69 Fran Suharmaji seperti dikutip Antara, Minggu (7/9/2014).

Pemberian bantuan pohon penghijauan tersebut dilakukan dalam kegiatan undian hadiah utama dan jalan sehat Bank Bapas 69 periode ke-9 Februari–Juli 2014 dengan tema Menanam untuk Anak Cucu di Lapangan Srumbung, Kecamatan Srumbung.

Ia menjelaskan pemilihan tema tersebut tidak lepas dari fungsi kawasan Gunung Merapi sebagai daerah tangkapan air yang sangat berperan dalam menjamin ketersediaan air di sebagian wilayah Kabupaten Magelang, baik untuk saat ini maupun pada masa yang akan datang.

Melalui kegiatan itu, dia berharap sumber air yang ada di kawasan Merapi tetap lestari dan dapat dimanfaatkan dan dinikmati oleh anak cucu.

“Seperti diketahui bahwa air bagi warga lereng Merapi di samping untuk mencukupi kebutuhan hidup sehari-hari juga untuk mengairi kebun salak, lahan hortikultura, dan lahan pertanian lainnya, maka secara sinergis sudah menjadi keniscayaan untuk dilestarikan,” katanya.

Ia menuturkan bahwa tema Menanam untuk Anak Cucu secara konotatif juga dimaksudkan sebagai upaya untuk menumbuhkan minat masyarakat Kabupaten Temanggung agar gemar menanam atau berinvestasi dan menabung di bank milik pemerintah daerah untuk mempersiapkan masa depan anak cucu serta menyongsong kehidupan yang lebih baik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya