SOLOPOS.COM - Ilustrasi aktivitas rumah pemotongan hewan (Oriza Vilosa/JIBI/Solopos)

Pengolahan hasil ternak di Kudus akan terbantu dengan adanya rumah potong hewan baru.

Kanalsemarang.com, KUDUS-Rumah Pemotongan Hewan (RPH) modern di Kecamatan Kaliwungu, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, ditargetkan pada akhir Desember 2015 bisa diuji coba sebelum dioperasikan pada 2016.

Promosi BRI Catat Setoran Tunai ATM Meningkat 24,5% Selama Libur Lebaran 2024

“Saat ini, masih ada kegiatan pembangunan kandang ternak, pagar, sumur, pemasangan peralatan untuk pemotongan hewan, serta instalasi pengolahan air limbah (IPAL),” ujar Kepala Dinas Pertanian, Perikanan dan Kehutanan Kudus Budi Santosonya di Kudus, Jumat (20/11/2015).

Ia menargetkan, proyek kegiatan tersebut bakal rampung paling lambat tanggal 10 Desember 2015, sehingga sebelum akhir tahun ini sudah bisa dilakukan uji coba.

Aktivitas pemotongan hewan ternak yang sebelumnya dilakukan di RPH Ploso, kata dia, untuk sementara akan dialihkan ke RPH modern sebagai tahapan uji coba sebelum benar-benar dioperasikan pada tahun 2016.

Ketika benar-benar dioperasikan, kata dia, semua tempat pemotongan hewan milik swasta harus ditutup dan pindah ke RPH modern yang ada di Desa Prambatan Kidul, Kecamatan Kaliwungu tersebut.

Daya tampung kandang ternak yang disediakan, kata dia, sekitar 40 ekor hewan ternak, sedangkan kapasitas pemotongan hewan ternak per harinya sekitar 25 ekor.

Sebelum dioperasikan, kata dia, dibutuhkan tenaga ahli di bidang pengoperasian peralatan di RPH modern tersebut serta tenaga dokter hewan ditambah tenaga kasar sekitar enam orang.

“Untuk mendapatkannya tentu harus melalui pihak ketiga atau model pegawai kontrak,” ujarnya.

Terkait dengan tarif retribusinya, kata dia, saat ini masih dalam tahap revisi karena nantinya akan ada kenaikan dengan menyesuaikan kondisi saat ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya