SOLOPOS.COM - ilustrasi (JIBI/dok)

ilustrasi (JIBI/dok)

Penguatan dolar berpengaruh terhadap harga komputer terhadap kenaikan harga komputer 5%.

Promosi 796.000 Agen BRILink Siap Layani Kebutuhan Perbankan Nasabah saat Libur Lebaran

 

Kanalsemarang.com, SEMARANG– Penguatan dolar Amerika Serikat terhadap mata uang rupiah berpengaruh terhadap kenaikan harga komputer sekitar 3%-5%.

“Kenaikan ini merupakan salah satu strategi bisnis yang harus kami lakukan agar tidak merugi,” kata salah satu penjual laptop di Plasa Simpang Lima Joko di Semarang seperti dikutip Antara, Kamis (19/3/2015).

Sebagai gambaran, untuk laptop yang biasanya di harga Rp3 juta saat ini naik sebesar Rp100.000-Rp200.000/unit. Sedangkan untuk laptop di harga Rp5 jutaan mengalami kenaikan sekitar Rp300.000/unit.

“Kalau untuk laptop yang harganya tinggi naiknya lebih besar lagi, untuk laptop kami yang harganya Rp15 juta naik sebesar Rp1,8 juta,” katanya.

Menurutnya, meski harga jual naik namun sejauh ini pedagang tidak merugi karena kebanyakan pedagang melakukan kesepakatan ‘flash protection’ dengan distributor. Menurutnya, inti dari perjanjian tersebut adalah distributor komputer memberi harga sama ketika perjanjian dibuat.

“Contohnya, toko kami mengambil 100 laptop, 50 diambil bulan ini dan sisanya bulan depan. Jika penguatan dolar terjadi di akhir bulan ini, kami tetap mendapat harga sama dengan pengambilan sebelumnya,” katanya.

Meski demikian, untuk menjaga penjualan tetap stabil pihaknya mengadakan sejumlah promo di antaranya memberi ‘cashback’ dan gratis asesoris.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya