SOLOPOS.COM - Antrean kendaraan di tol dalam Kota Semarang saat penerapan one way pada arus mudik Lebaran, Jumat (29/4/2022). (Solopos.com-Antara/I.C. Senjaya)

Solopos.com, SEMARANG — Atas diskresi Kepolisian Republik Indonesia (Polri), PT Jasa Marga akhirnya memutuskan untuk memperpanjang penerapan one way pada arus balik Lebaran 2022. Penerapan one way mulai diberlakukan dari Km 442 Simpang Susun (SS) Bawen Tol Semarang-Solo hingga Km 47 Tol Jakarta-Cikampek sejak Jumat (6/5/2022) pukul 22.20 WIB.

Sebelumnya, one way arus balik Lebaran 2022 juga telah diperpanjang, yang semula dari Km 414 Gerbang Tol Kalikangkung Tol Batang-Semarang diperpanjang hingga Km 428 Tol Semarang ABC atau tol dalam Kota Semarang. Pemberlakuan one way di tol dalam Kota Semarang ini diberlakukan sejak Jumat sore, pukul 15.00 WIB.

Promosi Kredit BRI Tembus Rp1.308,65 Triliun, Mayoritas untuk UMKM

Dalam siaran pers yang diterima Solopos.com, Corporate Communication and Community Development Group Head PT Jasa Marga (Persero) Tbk, Dwimawan Heru, mengatakan guna memaksimalkan transaksi di GT Cikampek Utama menuju Jakarta saat pemberlakuan one way, pihaknya akan mengopreasikan 28 dari total 32 lajur transaksi yang tersedia.

“Jasa Marga mengimbau pengguna jalan agar selalu berhati-hati dalam berkendara. Patuhi rambu-rambu dan ikuti arahan petugas di lapangan. Pastikan kecukupan perbekalan, saldo uang elektronik dan BBM sebelum memasuki tol,” tulis Dwimawan dalam keterangan resmi.

Jasa Marga juga meminta pengguna jalan atau pemudik untuk aktif memantau kondisi lalu lintas melalui CCTV real time jalan tol yang bisa diakses melalui aplikasi Travoy. Selain itu, pemudik juga bisa mendapatkan informasi dan pelayanan lalu lintas melalui One Call Center 24 Jam Jasa Marga di nomor 14080.

Baca juga: One Way Berlaku, Polri Minta Pemudik Tak Mengantre di Gerbang Tol

Diberitakan Solopos.com sebelumnya, rekayasa lalu lintas berupa one way atau sistem satu arah untuk menghadapi arus balik Lebaran 2022 resmi diberlakukan dari GT Kalikangkung Semarang pada Jumat (6/5/2022) siang, sekitar pukul 13.57 WIB. Pemberlakukan jalur satu arah ini ditandai dengan pengibaran bendera oleh tiga menteri, yakni Menko PMK, Muhadjir Effendi; Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono; dan Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi.

Menurut Menteri Perhubungan, rekayasa lalu lintas ini merupakan upaya untuk memberi keamanan bagi masyarakat yang mudik Lebaran. “Memberi keamanan bagi masyarakat, selamat sampai tujuan,” katanya.

Ia berharap arus balik Lebaran nantinya dapat berjalan baik. Ia menyampaikan terima kasih kepada Polri dan TNI, serta para pemangku kepentingan atas dukungan luar biasa yang diberikan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya