SOLOPOS.COM - Ilustrasi (mediabidan.com)

Penyakit menular seperti Tuberculosis semakin cepat menyebar saat kemarau.

Kanalsemarang.com, PEKALONGAN-Pemerintah Kota Pekalongan, Jawa Tengah mengimbau masyarakat waspada terhadap penyebaran penyakit tuberculosis seiring memasuki musim kemarau.

Promosi Pelaku Usaha Wanita Ini Akui Manfaat Nyata Pinjaman Ultra Mikro BRI Group

Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekalongan, Dwi Herri Wibawa di Pekalongan, Jumat (7/8/2015) mengatakan pengidap tuberculosis dalam beberapa bulan terakhir ini terus bertambah sehingga masyarakat diminta lebih waspada terhadap penularan penyakit itu.

“Meski jumlah penderita tuberculosis belum terdata sepenuhnya tetapi kini makin bertambah,” katanya didamping Dokter Muda Balai Kesehatan Paru Masyarakat, Ari Kurniawan.

Menurut dia, setiap hari ada saja masyarakat yang dinyatakan menderita penyakit tuberculosis (TB) sehingga penularannya pun harus dicegah sedini mungkin.

“Penyakit TB bisa menular pada orang lainnya sehingga kami imbau masyarakat waspada terhadap penyebaran maupun penularan penyakit sejenis batuk itu,” katanya.

Ia mengatakan penderita TB juga tidak mengenal batas usia sehingga penyakit itu bisa menular balita maupun orang dewasa.

Jika masyarakat menderita batuk baik berdahak maupun tidak selama dua minggu, kata dia, maka segera periksakan ke balai kesehatan terdekat seperti puskesmas.

“Jika batuk yang tak kunjung sembuh itu bisa menjadi gejala awal seseorang telah terjangkit penyakit TB atau tuberculosis,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya