SOLOPOS.COM - Pantai Teluk Penyu Cilacap (Instagram/@waikabu_abu)

Solopos.com, CILACAPCuaca di Jawa tengah (Jateng) bagian selatan terlihat cerah dalam beberapa waktu terakhir. Padahal, di kawasan tersebut sebenarnya masih berlangsung musim penghujan hingga akhir Januari 2023.

Kepala Kelompok Teknisi BMKG Stasiun Meteorologi Tunggul Wulung Cilacap, Teguh Wardoyo, menyampaikan bahwa wilayah Jawa Tengah bagian selatan masih berpeluang mengalami hujan setelah mengalami cuaca cerah dalam beberapa hari terakhir.

Promosi Klaster Usaha Rumput Laut Kampung Pogo, UMKM Binaan BRI di Sulawesi Selatan

Berdasarkan data hujan yang terpantau di pos pengamatan hujan, curah hujan masih terjadi dari intensitas ringan hingga lebat. Hal itu terjadi di sekitar Kabupaten Cilacap, Banyumas, Purbalingga, dan Kebumen.

Kendati seperti itu, hujan tidak setiap hari terjadi di wilayah Jawa Tengah bagian selatan. Hujan pun terkadang tidak merata dalam satu daerah. Wilayah Jawa Tengah bagian selatan masih dalam musim penghujan pada akhir Januari 2023.

“Ada yang sehari hingga dua hari kemudian baru hujan kembali. Bahkan kalau terjadi hujan, hanya spot-spot atau pada titik tertentu atau tidak merata. Durasinya pun tidak lama,” kata Teguh Wardoyo, seperti dikutip Solopos.com dari Antara, Rabu (25/1/2023).

Terkait cuaca cerah yang belakangan meliputi bagian wilayah Jawa Tengah bagian selatan, Teguh menjelaskan bahwa angin di lapisan 850 milibar yang tiupannya cukup kencang, sampai 20 knot, dapat menyebabkan pertumbuhan awan hilang tersapu angin.

Kondisi yang demikian, menurut dia, membuat tutupan awan menjadi berkurang dan langit tampak lebih cerah.

“Kondisi ini normal. Dalam beberapa hari ke depan akan kembali hujan untuk wilayah Cilacap, Banyumas, dan sekitarnya,” kata Teguh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya