SOLOPOS.COM - Ilustrasi peternakan

Ilustrasi peternakan

Penyelewengan bantuan ternak tak akan ditolerir oleh Pemkab Kudus. Bupati Kudus, Mustofa mempersilakan Kejari untuk turun tangan jika menemukan adanya penyelewengan bantuan tersebut 

Promosi Siasat BRI Hadapi Ketidakpastian Ekonomi dan Geopolitik Global

Kanalsemarang.com, KUDUS- Kejaksaan Negeri Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, dipersilakan mengusut jika memang ada dugaan terjadinya penyelewengan bantuan ternak kambing dari pemerintah kabupaten kepada kelompok peternak, kata Bupati Kudus Musthofa.

“Untuk itu, penerima bantuan ternak harus sungguh-sungguh dalam memelihara kambing bantuan tersebut. Jangan sampai ketika dicek justru kambing orang lain yang diperlihatkan,” ujarnya seperti dikutip Antara, Jumat (2/1/2015).

Ia mengatakan, jika terbukti ada yang menyalahgunaan ternak bantuan tersebut, biarlah Kejari Kudus mengusutnya karena pemkab sudah berupaya memberikan bantuan untuk meningkatkan kesejahteraan mereka lewat pengembangan usaha ternak.

Apalagi, lanjut dia, para penerima bantuan ternak tersebut juga sudah dididik tata cara beternak kambing yang benar di Balai Latihan Kerja (BLK) Kudus.

Jika ada kambing yang mati, kata dia, harus dibuatkan berita acaranya.

“Bagi kelompok yang berhasil mengembangkan kambing bantuan tersebut hingga beranak akan diberikan hadiah dan nanti juga diundang ke pendopo,” ujarnya.

Ia berharap, camat dan kepala desa setempat juga terlibat dalam proses monitoring dan evaluasi.

Kepala Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) Kabupaten Kudus Ludful Hakim mengungkapkan, jumlah kambing yang diserahkan sebanyak 630 ekor untuk 26 kelompok peternak yang tersebar di sembilan kecamatan.

Setiap kelompok yang terdiri atas 10 orang, kata dia, mendapatkan bantuan 25 ekor kambing, sebanyak lima ekor di antaranya kambing jantan dan selebihnya betina.

Pada kesempatan yang sama, juga diserahkan bantuan bibit ikan nila 1 kuintal terhadap dua kelompok budi daya ikan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya