SOLOPOS.COM - Ilustrasi penimbunan solar bersubsidi. (Dok. JIBI/Solopos.com)

Solopos.com, SEMARANG — Dugaan penyelewengan bahan bakar minyak (BBM) subsidi jenis solar pada sebuah gudang penyimpanan pangkalan truk di Genuk Sari, Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng), diungkap aparta kepolisian.

Kabid Humas Polda Jateng, Kombes Pol Iqbal Alqudusy, membenarkan perihal pengungkapan kasus dugaan penyelewangan BBM bersubsidi jenis solar itu. Kendati demikian, ia masih enggan menjelaskan secara terperinci terkait pengungkapan kasus itu.

Promosi BRI Dipercaya Sediakan Banknotes untuk Living Cost Jemaah Haji 2024

“Betul, saat ini masih diperiksa,” ujar Iqbal.

Dikutip dari laman berita Antara, pengungkapan dugaan penyelewangan BBM subsidi di Semarang itu dilakukan Direktorat Badan Intelijen dan Keamanan Polri bersama BPH Migas. Dalam pengungkapan kasus itu, polisi berhasil menyita barang bukti sekitar 44,2 kiloliter (kl) solar bersubsidi.

Selain itu, terdapat pula beberapa kendaraan bermotor jenis truk dan mobil yang telah dimodifikasi. Truk maupun mobil ini digunakan para pelaku untuk membeli BBM bersubsidi.

Baca juga: Wonogiri Jadi Tempat Uji Coba Beli Solar Pakai QR Code, Organda: Bikin Ribet!

Dalam pengungkapan kasus itu, polisi juga menangkap 10 orang yang terdiri dari pemilik gudang, pekerja, hingga sopir. Mereka diamankan pada Senin (12/12/2022) saat pengungkapan kasus itu.

BBM subsidi yang diselewengkan itu diduga dibeli para pelaku dari sejumlah stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) di Kota Semarang. BBM subsidi itu rencana dijual lagi di Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang.

Sementara itu, seluruh barang bukti beserta orang-orang yang ditangkap dalam pengungkapan kasus itu saat ini telah dibawa ke Direktorat Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Jateng. Mereka akan menjalani pemeriksaan agar kasus dugaan penyelewengan BBM subsidi di Semarang itu terungkap secara tuntas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya