SOLOPOS.COM - KERUSAKAN INFRASTRUKTUR AKIBAT BANJIR

Kanalsemarang.com, PURWOKERTO—Sebanyak tiga jembatan di jalur utama Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, bakal diduplikasi karena usianya sudah cukup tua serta untuk memperlancar arus lalu lintas di ruas jalan nasional itu.

“Tiga jembatan yang rencananya akan diduplikasi, yakni Jembatan Tajum-1 di ruas Wangon-Ajibarang, Jembatan Banjaran di Jalan Veteran, Purwokerto, serta Jembatan Soeharto di atas Sungai Serayu, Rawalo,” kata Kepala Balai Pelaksana Teknis Bina Marga Wilayah Cilacap Effendi Nugroho, seperti dikutip Antara, Jumat (22/8/2014).

Promosi BRI Meraih Dua Awards Mobile Banking dan Chatbot Terbaik dalam BSEM MRI 2024

Khusus untuk Jembatan Soeharto, kata dia, pembangunan jembatan baru [duplikasi] akan dilakukan di sisi timur jembatan yang berada di ruas jalur selatan Jateng itu.

Dalam hal ini, lanjut dia, Jembatan Soekarno yang putus pada 2011 akan dirobohkan lebih dulu.

“Jembatan baru akan dibangun di bekas Jembatan Soekarno,” katanya.

Kendati demikian, dia mengaku belum mengetahui secara pasti kapan duplikasi Jembatan Soeharto itu akan terealisasi karena masih menunggu alokasi anggaran dari pemerintah pusat.

Menurut dia, penanganan terhadap Jembatan Soeharto yang akan dilakukan dalam waktu dekat berupa perbaikan groundsill (bangunan melintang pada alur sungai untuk mengurangi kecepatan arus agar tidak terjadi penurunan dasar sungai).

“Saat ini, Jembatan Soeharto mengalami kerusakan pada ‘groundsill’ dan rencananya akan diperbaiki pada tahun anggaran 2015,” katanya.

Lebih lanjut, Effendi mengatakan bahwa duplikasi tersebut dilakukan karena kondisi tiga jembatan itu sudah tua dan arus kendaraan yang melintas cukup padat sehingga dikhawatirkan tidak mampu menahan beban yang berlebih.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya