SOLOPOS.COM - Ilustrasi investasi (JIBI/Harian Jogja/Dok.)

Ilustrasi (Dok/JIBI/Harian Jogja)

Peredaran uang palsu di Kudus masih saja terjadi. Jajaran Polres Kudus berhasil  meringkus seorang pengedar uang palsu asal Kecamatan Mejobo Kudus saat hendak bertransaksi 

Promosi BRI Sambut Baik Keputusan OJK Hentikan Restrukturisasi Kredit Covid-19

 

Kanalsemarang.com, KUDUS—Aparat Kepolisian Resor Kudus, Jawa Tengah, menangkap seorang pengedar uang palsu asal Kecamatan Mejobo, Kudus, di sekitar Jalan Pemuda Kudus, Kecamatan Kota, Rabu (11/3).

Menurut Kapolres Kudus AKBP Bambang Murdoko didampingi Wakapolres Kompol Yunaldi di Kudus, Kamis (12/3/2015), pengungkapkan peredaran uang palsu tersebut berawal dari informasi masyarakat, kemudian dikembangkan petugas untuk memastikan peredaran uang palsu.

Petugas Kepolisian yang berpura-pura menjadi pembeli, kata dia, akhirnya berhasil menangkap pelaku yang bernama Danang,24, asal Desa Kirig, Kecamatan Mejobo, Kudus, ketika hendak bertransaksi di Jalan Pemuda, tepatnya di depan rumah makan Sultan pada Rabu (11/3/2013) pukul 16.00 WIB.

Selain mengamankan pelaku, kata dia, petugas yang menyamar sebagai pembeli uang palsu berhasil mengamankan uang palsu pecahan Rp100.000 sebanyak 29 lembar.

Berdasarkan pengakuan pelaku, lanjut dia, uang palsu yang dimiliki pelaku mencapai 100 lembar, namun uang palsu yang lainnya dibakar pelaku.

Awalnya, kata dia, pelaku mendapatkan uang palsu tersebut dari seseorang berinisial K dari Jawa Timur, kemudian baru sadar bahwa uang pinjaman tersebut ternyata uang palsu.

Akhirnya, lanjut dia, uang palsu Rp7,1 juta dibakar pelaku, sedangkan sisanya senilai Rp2,9 juta disimpan.

“Kami masih menyelidiki pengakuan pelaku tersebut, apakah benar demikian atau tidak,” ujarnya seperti dikutip Antara.

Hingga kini, kata dia, tersangka yang berinisial “K” masih dalam pencarian petugas, karena diduga sebagai pemasok uang palsu.

Pada kesempatan tersebut, dia mengimbau, masyarakat agar lebih waspada terhadap peredaran uang palsu dengan melakukan pengecekan keasliannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya