SOLOPOS.COM - Ilustrasi inflasi (JIBI/Harian Jogja/Reuters)

Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/Reuters)

Perekonomian Jateng menurut Bank Indonesia Jateng DIY masih belum bagus. BI menilai keyakinan konsumen terhadap kondisi ekonomi saat ini melemah 

Promosi BRI Peduli Ini Sekolahku, Wujud Nyata Komitmen BRI Bagi Kemajuan Pendidikan

 

Kanalsemarang.com, SEMARANG – Bank Indonesia (BI) Kantor Perwakilan Wilayah V Jateng-DIY menilai keyakinan konsumen terhadap kondisi ekonomi saat ini melemah.

“Hasil Survei konsumen BI pada Maret lalu memperlihatkan keyakinan konsumen di Jawa Tengah melemah dibandingkan bulan sebelumnya namun masih berada pada level optimis,” kata Kepala BI Kantor Perwakilan Wilayah V Jateng-DIY Iskandar Simorangkir di Semarang seperti dikutip Antara, Kamis (17/4/2015).

Menurutnya, Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) Jateng pada bulan yang sama tercatat sebesar 125,0 atau turun 4,1 poin dibandingkan indeks bulan sebelumnya.

Meski melemah akibat dampak kenaikan BBM bersubsidi pada awal Maret, tingkat keyakinan konsumen tersebut masih lebih baik dibandingkan kondisi Desember 2014 dengan IKK sebesar 123,9 yaitus pascakenaikan BBM pada November 2014.

Dari empat kota yang disurvei, penurunan IKK terjadi pada tiga kota yang disurvei yaitu Kota Solo mencatat penurunan IKK sebesar 10,5 poin, kota Tegal mencatat penurunan sebesar 3,8 poin, disusul kota Semarang yang mencatat penurunan sebesar 2,3 poin. Dari data tersebut, hanya Kota Purwokerto mencatat kenaikan IKK sebesar 2,3 poin.

Menurunnya optimisme tersebut didorong oleh melemahnya persepsi konsumen terhadap kondisi ekonomi saat ini dan kondisi ekonomi enam bulan mendatang yang tercermin dalam Indeks Kondisi Ekonomi (IKE) dan Indeks Ekspektasi Konsumen (IEK).

IKE tercatat 117,9 pada Maret atau lebih rendah dibandingkan bulan sebelumnya sebesar 121,1. Hal serupa juga terjadi pada IEK yang melemah dari 137,0 pada Februari menjadi 132,0.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya