SOLOPOS.COM - Ilustrasi inflasi (JIBI/Harian Jogja/Reuters)

Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/Reuters)

Perekonomian Jateng masih akan dinamis. Bank Indonesia wilayah Jateng-DIY memperkirakan inflasi Mei tak sebesar April

Promosi Video Uang Hilang Rp400 Juta, BRI: Uang Diambil Sendiri oleh Nasabah pada 2018

 

Kanalsemarang.com, SEMARANG – Bank Indonesia Kantor Perwakilan Wilayah V Jateng-DIY memperkirakan pada bulan Mei ini akan kembali terjadi inflasi meski tidak sebesar inflasi bulan lalu.

“Pada bulan Mei, risiko tekanan harga di Jawa Tengah diperkirakan masih akan terjadi walaupun dalam level yang relatif rendah,” kata Deputi Kepala Perwakilan BI Jateng-DIY Ananda Pulungan di Semarang seperti dikutip Antara, Jumat (8/5/2015).

Menurutnya, hal tersebut sejalan dengan rencana kebijakan pemerintah menaikkan tarif listrik untuk beberapa golongan pelanggan. Selain itu, risiko yang harus dicermati dari kelompok volatile foods atau komponen harga bergejolak adalah masuknya masa tanam bagi beberapa komoditas strategis.

“Salah satu komoditas yang masuk volatile foods yaitu bawang merah yang diperkirakan akan mengalami gejolak harga hingga masuknya musim panen pada awal Juni,” katanya.

Sementara itu, BI akan terus melakukan pemantauan risiko dan memperkuat koordinasi pengendalian inflasi melalui Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID). Menurutnya, berbagai langkah koordinasi akan dilakukan yaitu yang diarahkan untuk dapat menurunkan tekanan inflasi secara bertahap pada semua komponen.

“Ini sesuai dengan roadmap pengendalian inflasi yang telah terbentuk,” katanya.

Sebelumnya, sesuai perkiraan BI, inflasi pada bulan April mengalami peningkatan dibanding bulan sebelumnya. Inflasi April 2015 tercatat sebesar 0,17 persen atau sedikit meningkat dari bulan Maret lalu yang tercatat sebesar 0,16 persen.

Secara tahunan inflasi Jawa Tengah sebesar 5,99 persen atau meningkat dari 5,69 persen pada bulan Maret. Inflasi di Jateng jauh lebih rendah dari nasional sebesar 0,36 persen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya