SOLOPOS.COM - Ilustrasi kampus Akademi Kebidanan Kudus (akbidpemkabkudus.blogspot.co.id)

Perguruan tinggi Kudus, Akademi Kebidanan Pemerintah Kabupaten Kudus, segera berubah status menjadi politeknik.

Semarangpos.com, KUDUS — Akademi Kebidanan Pemerintah Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, bakal berubah status menjadi Politeknik Kudus dengan tambahan beberapa program studi untuk meningkatkan daya saing dengan perguruan tinggi lain. Demikian diungkapkan Direktur Akbid Pemkab Kudus Trisno Suwandi di Kudus, Jumat (4/3/2016).

Promosi Jaga Keandalan Transaksi Nasabah, BRI Raih ISO 2230:2019 BCMS

“Jika sebelumnya hanya satu program studi, yakni Kebidanan, ketika statusnya menjadi Politkenik Kudus akan ada penambahan dua program studi baru,” ujarnya.

Kedua program studi baru tersebut adalah Program Studi Farmasi dan Teknik Informatika. Berdasarkan penjelasan dari pemerintah, lulusan dari kedua program studi tersebut masih dibutuhkan sehingga peluang lulusan mendapatkan pekerjaan diyakini tidak terlalu sulit.

Dengan adanya penambahan program studi itu, maka tenaga pengajar atau dosen juga harus ditambah karena syarat minimal untuk membuka program jurusan baru antara lain memiliki enam tenaga pengajar lulusan S2. Untuk sarana dan prasarana, kata dia, saat ini sudah cukup memadai ketika membuka tiga jurusan.

Perubahan status tersebut, katanya, semakin meningkatkan daya saing dan memudahkan dalam penjaringan mahasiswa baru karena memiliki alternatif jurusan, dibanding sebelumnya hanya memiliki satu jurusan. Usulan perubahan status, lanjut dia, sudah didaftarkan ke Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi.

Tunggu April 2016
Pengumuman soal perubahan status Akbid Pemkab Kudus menjadi Politeknik Kudus, lanjut dia, akan disampaikan secara bersamaan dengan lembaga pendidikan lainnya secara nasional pada bulan Maret atau April 2016. Setelah pengumuman, kata dia, Akbid Pemkab Kudus yang berubah status menjadi Politeknik Kudus bisa memulai membuka penerimaan mahasiswa baru.

“Kami tidak membatasi jumlah pendaftarnya. Jika memungkinkan, akan menjaring mahasiswa sebanyak-banyaknya,” ujarnya.

Untuk menampung mahasiswa baru untuk program studi baru, yakni farmasi dan teknik informatika, kata dia, saat ini tersedia 12 ruang perkuliahan ditambah laboratorium untuk kedua program studi baru tersebut. Dalam rangka menggaet mahasiswa baru, Akbid Kudus tersebut juga gencar melakukan promosi ke beberapa kabupaten, seperti Kabupaten Pati dan Rembang.

Meskipun saat ini statusnya masih Akbid Pemkab Kudus, dalam promosinya itu juga disampaikan bahwa dalam waktu dekat akan berubah status menjadi Politeknik Kudus. Beberapa lulusan SMA dan sederajat dari beberapa kabupaten, tertarik untuk melanjutkan pendidikannya ke Akbid Kudus yang sebentar lagi akan menyandang status Politeknik Kudus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya