SOLOPOS.COM - Umbul Sidomukti Bandungan (Instagram/@amazingsemarang)

Solopos.com, UNGARAN — Polres Semarang akan menerapkan skema rekayasa lalu lintas one way atau satu arah pada dua ruas jalan yang dianggap berpotensi menimbulkan kemacetan saat malam pergantian tahun atau malam tahun baru. Kedua ruas jalan yang diterapkan one way yakni di sekitar Alun-Alun Bung Karno, Ungaran, dan jalur menuju objek wisata Bandungan.

Kapolres Semarang, AKBP Yovan Fatika, melalui Kasat Lantas Polres Semarang, AKP Dwi Himawan, menyampaikan bahwa pihaknya akan melakukan rekayasa di dua lokasi yang berpotensi menimbulkan kepadatan volume kendaraan saat malam tahun baru, Sabtu (31/12/2022).

Promosi BI Rate Naik Jadi 6,25%, BRI Optimistis Pertahankan Likuiditas dan Kredit

“Pada malam tahun baru kali ini, kami berlakukan sistem one way [satu arah] di sekitaran Alun-alun Bung Karno Kalirejo Ungaran dan jalur menuju objek wisata Bandungan,” jelasnya, Jumat (30/12/2022).

Pihaknya juga menyampaikan bahwa kegiatan rekayasa ini diberlakukan melihat situasi di lapangan. Satlantas Polres Semarang juga telah berkoordinasi dengan instansi terkait lainnya seperti Dinas Perhubungan (Dishub) terkait rekayasa lalu lintas yang akan diterapkan.

“Mengingat sudah banyak kelonggaran di mana situasi pandemi yang landai dan kondusif, maka kami prediksi akan ada peningkatan arus warga masyarakat yang akan merayakan tahun baru. Kami telah lakukan koordinasi dengan instansi terkait guna membantu kelancara arus kendaraan di seputar Alun-alun Kalirejo dan objek wisata Bandungan,” ujarnya.

Kasat Lantas Polres Semarang pun menyarankan bagi masyarakat yang ingin menuju ke obyek wisata Bandungan akan diarahkan melalui simpang Pauline di Ambarawa. “Yang hendak ke Bandungan kami arahkan lewat simpang Pauline Ambarawa. Untuk simpang Lemah Abang dan samping Samsat lama kami tutup. Untuk Lemah Abang hanya digunakan untuk akses keluar dari Bandungan,” jelasnya.

Sementara bagi warga yang ingin menghabiskan malam tahun baru di Alun-Alun Bung Karno, Ungaran, pihaknya akan memberlakukan jalur satu arah mulai dari simpang makam Gatot Subroto, yakni Jalan MT Haryono-Jalan Jati Raya 1 – Jalan Letjend Suprapto dan Exit Tol Ungaran hingga simpang Swayalan 4U.

Dwi pun mengimbau kepada pengguna jalan untu patuh dan mengikuti arahan serta petunjuk petugas di lapangan. Pihaknya berharap perayaan malam tahun baru di Kabupaten Semarang berjalan lancar dan kondusif.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya