SOLOPOS.COM - Ilustrasi rest area KM 379 A Tol Batang-Semarang. (Solopos/Andhika Wahyu Purnama)

Solopos.com, SEMARANG — Kapolda Jawa Tengah (Jateng), Irjen Pol. Ahmad Luthfi, meminta pemudik untuk tidak berhenti terlalu lama di rest area tol. Pihaknya pun akan menerapkan pembatasan waktu berhenti di rest area tol maksimal 30 menit saat arus mudik maupun arus balik Lebaran 2023.

Hal itu disampaikan Kapolda Jateng saat meninjau kesiapan personelnya dalam menyambut arus mudik di Gerbang Tol Kalikangkung, Kota Semarang, Sabtu (15/4/2023).

Promosi Oleh-oleh Keripik Tempe Rohani Malang Sukses Berkembang Berkat Pinjaman BRI

Luthfi mengaku penerapan pembatasan jam berkunjung di rest area tol itu diterapkan guna mengantisipasi penumpukan kendaraan di rest area yang berpotensi menyebabkan kemacetan di ruas tol.

“Bila perlu nanti akan diberlakukan sistem one way melalui koordinasi dengan Korlantas Polri. Tiap rest area akan dibatasi waktu berkunjung selama 30 menit untuk mencegah kepadatan jumlah pengunjung,” ujarnya.

Kapolda menambahkan guna mengamankan arus mudik Lebaran, pihaknya juga telah menyiagakan 21.000 personel gabungan dan menyiapkan 253 pos mudik. Selain itu, pihaknya juga akan menggelar apel pasukan pada Senin (17/4/2023).

“Hari Senin besok [17/4/2023] kami laksanakan gelar pasukan. Namun sejak hari ini Polda Jateng sudah siapkan 253 pos pengamanan yang sudah mulai beroperasi,” tutur Kapolda.

Kapolda menuturkan terhitung sejak Sabtu ini jumlah kendaraan yang melintas di Gerbang Tol Kalikangkung meningkat 15 persen. “Biasanya yaang melintas 1.000 kendaraan per jam. Hari ini sudah 1.200 kendaraan, jadi ada kenaikan sekitar 15 persen. Diperkirakan mencapai puncaknya pada tanggal 18 [April] nanti,” tuturnyaa.

Diprediksi jumlah kendaraan yang melintasi GT Kalikangkung pada puncak arus mudik akan mencapai 3.000 kendaraan dalam kurun 1 jam. Untuk itu, pihaknya telah menyiapkan sejumlah strategi untuk mengantisipasi terjadinya penumpukan jumlah kendaraan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya