SOLOPOS.COM - Ketua Umum Perhumas, Boy Kelana Soebroto, saat menjawab pertanyaan wartawan di sela acara Perhumas Muda (Pemuda) Indonesia di Museum Ronggowarsito, Kota Semarang, Jumat (1/9/2023). (Solopos.com-Imam Yuda S.)

Solopos.com, SEMARANG — Perhimpunan Hubungan Masyarakat Indonesia (Perhumas) mengumpulkan para praktisi humas dari kalangan anak muda yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia dalam sebuah acara bertajuk “Maju Bersama Pemuda untuk Indonesia” di Museum Ronggowarsito, Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng), Jumat (1/9/2023). Para praktisi humas muda ini berkumpul untuk membicarkan peran humas di era perkembangan teknologi artificial intelegent atau AI.

Ketua Umum (Ketum) Perhumas, Boy Kelana Soebroto, mengatakan humas memiliki peran dan tanggung jawab yang besar dalam membangun dan meneguhkan kepercayaan atau reputasi terhadap bisnis hingga kehidupan sosial. Oleh karenanya, para praktisi humas terutama yang berasal dari kalangan muda atau Generasi Z (Gen-Z), perlu beradaptasi dengan perkembangan teknologi yang ada saat ini.

Promosi Kuliner Legend Sate Klathak Pak Pong Yogyakarta Kian Moncer Berkat KUR BRI

“Kita kumpulkan mereka [para praktisi humas muda] di sini [Semarang]. Kami datangkan juga narasumber untuk berbagi ilmu. Kami bekali mereka agar siap menjadi leader of tomorrow [pemimpin masa depan],” ujar Boy saat dijumpai Solopos.com di sela Pertemuan Humas Muda (Pemuda) 2023 di Museum Ronggowarsito, Semarang, Jumat sore.

Boy menambahkan dalam pertemuan Pemuda kali ini, Perhumas juga membekali para generasi muda agar bisa memanfaatkan teknologi-teknologi AI. Dengan demikian, kehadiran AI tidak menjaadi permasalah bagi para praktisi humas, namun justru menjadi berkah untuk memberikan kemudahan dalam bekerja.

“Tema kali ini terkait AI. Kita bekali mereka agar bisa adaptasi dengan perkembangan zaman. Tidak boleh gagap [teknologi]. Jangan takut menggunakan [memanfaatkan] AI. Banyak platform yang bisa dimanfaatkan membantu kerja humas. Tinggal kreativitas nanti bagaimana untuk mendukungnya,” jelasnya.

Tak hanya itu, di era informasi yang serba cepat dan memasuki tahun politik ini, imbuh Boy, peranan humas di masyarakat juga harus bisa menjaga kepercayaan dan integritas. Narasi-narasi positif dan baik harus selalu dikumandangkan untuk menyejukan suasana di Indonesia.

“Ini memasuki pesta demokrasi. Humas harus bisa menyatukan dan menyejukan semuanya dengan narasi positif,” imbuhnya.

Konvensi Humas Indonesia 2023

Oleh sebab itu, untuk tetap menjaga kepercayaan masyarakat terhadap peranan humas, Perhumas juga akan meluncurkan Perhumas Indicator. Acara peluncuran Perhumas Indicator ini akan digelar dalam acara Konvensi Humas Indonesia 2023 di Hotel Patra, Kota Semarang, Sabtu (2/9/2023).

Sementara itu, salah satu peserta Pemuda 2023, Dita, 19, mengaku sengaja menghadiri acara Perhumas. Ia datang untuk mengembangkan skill dan potensi kehumasannya.

“Saya masih kuliah. Mahasiswa Unnes [Univesitas Negeri Semarang]. Datang ke sini untuk menambah wawasan [bidang humas] dan memang tertarik terjun ke sana [dunia kehumasan],” kata Dita.

Sekadar informasi, rangkaian kegiatan Konvensi Humas Indonesia diawali dengan Pertemuan Humas Muda (Pemuda) Indonesia di Museum Ronggowarsito, Jumat. Sementara acara puncak akan digelar di Hotel Patra, Semarang, Sabtu besok.

Acara puncak Konvensi Humas Indonesia ini rencana dihadiri Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, dan juga Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya