SOLOPOS.COM - Pertunjukan teatrikal memperingati Pertempuran Lima Hari di Semarang di Kawasan Tugu Muda, Kota Semarang, Sabtu (14/10/2023) malam. (Istimewa).

Solopos.com, SEMARANG — Pemerintah Kota Semarang menggelar peringatan Pertempuran Lima Hari di Semarang dengan pusat kegiatan di Tugu Muda, Kota Semarang, Sabtu (14/10/2023).

Acara tersebut diramaikan dengan pertunjukan teatrikal, serta cerita sejarah Pertempuran Lima Hari di Kota Semarang yang disuguhkan oleh mahasiswa dan pelajar di Kota Semarang.

Promosi Wealth Management BRI Prioritas Raih Penghargaan Asia Trailblazer Awards 2024

Sekda Provinsi Jawa Tengah, Sumarno bertindak sebagai Inspektur Upacara.

“Alhamdulillah kita bisa kembali memperingati Pertempuran Lima Hari di Semarang. Ini merupakan peringatan momentum heroik yang terjadi pada 14-18 Oktober 1945,” ujar Sumarno.

Menurutnya, pertempuran lima hari di Semarang merupakan peristiwa yang menguji keberanian dan menggambarkan tekad semangat melindungi kemerdekaan.

“Dari pertempuran ini, muncul semangat persatuan dan kesatuan yang patut kita renungi nilai-nilainya, perjuangan mendapatkan kemerdekaan yang harus selalu kita jaga,” ujarnya.

Tidak hanya mengenang peristiwa berdarah di medan perang, lanjut Sumarno, tetapi tentang mengambil pelajaran berharga, kebersamaan dan nilai gotong royong. Semangat perlawanan pejuang kala itu adalah tekad perjuangan untuk mencapai kemerdekaan.

“Generasi muda harus belajar tentang perjuangan. Semangat inilah yang membawa kita dalam kebebasan. Kita harus memastikan agar generasi muda menghormati dan memuliakan para pejuang. Terus memelihara warisan dan nilai-nilai perjuangan. Demi kemajuan bangsa dan negara,” katanya.

Sementara itu, Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu juga mengajak generasi muda di Kota Semarang untuk tahu dan meneladani sejarah perjuangan para pahlawan.

“Anak-anak harus tahu sejarah masa lalu, sejarah yang ada di Kota Semarang. Kemudian mengingat dan meneladani perjuangan para pahlawan yang telah gugur dalam perjuangan,” kata Mbak Ita, sapaan akrab Wali Kota Semarang.

Menurutnya, sebagai generasi penerus bangsa, harus dapat meneladani dan memaknai nilai-nilai perjuangan para pahlawan yang telah gugur. Khususnya pada Pertempuran lima hari di Semarang.

“Anak-anak muda sebagai generasi penerus bangsa, harus memiliki landasan kuat dan ikut serta dalam pembangunan. Khususnya di Kota Semarang,” kata Mbak Ita.

“Di Semarang, banyak pejuang kemerdekaan yang namanya telah diabadikan. Seperti dokter Kariadi yang namanya diabadikan sebagai nama Rumah Sakit. Ada pula KRMT Wongsonegoro, yang namanya diabadikan menjadi nama rumah sakit daerah di Kota Semarang. Dari merekalah nilai perjuangan harus diteladani oleh generasi muda,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya