SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Perkembangan industri diharapkan merata di seluruh wilayah Jawa Tengah.

Kanalsemarang.com, SEMARANG- Badan Penanaman Modal Daerah (BPMD) Jawa Tengah mendorong pemerataan kawasan industri di 35 kabupaten/kota sebagai upaya pengembangan investasi.

Promosi BRI Meraih Dua Awards Mobile Banking dan Chatbot Terbaik dalam BSEM MRI 2024

“Banyak daerah yang tidak punya kawasan industri sehingga perlu didorong, kalau bisa kawasan industri tidak terpencar-pencar sehingga kalau membuat infrastruktur pendukung tidak kesulitan,” kata Kepala BPMD Jateng Sujarwanto Dwiatmoko, di Semarang, Jumat (6/11/2015).

Ia mengungkapkan bahwa Jateng baru memiliki tujuh kawasan industri dengan perincian enam diantaranya berlokasi di Kota Semarang dan satu kawasan industri di Kabupaten Cilacap.

Menurut dia, pengembangan investasi di kabupaten/kota di Jateng harus didukung dengan ketersediaan kawasan industri yang strategis karena investor, menganggap kawasan industri itu strategis bila terintegrasi dengan infrastruktur yang dibangun.

Ia berharap kawasan industri berkembang semakin luas seperti industri agro, perikanan, dan manufaktur.

“Untuk mengembangkan kawasan industri, maka peninjauan tata ruang menjadi persoalan yang penting dan harus diperhatikan,” ujarnya.

Wakil Gubernur Jateng Heru Sudjatmoko meminta agar pemerintah daerah yang belum memiliki kawasan industri segera membuka lahan terkait dengan kepentingan investasi berbagai pihak.

“Pemerintah kabupaten/kota khususnya yang membidangi investasi dan perizinan agar berinisiatif serta membuat telaah untuk meyakinkan kepala daerah masing-masing supaya segera memiliki kawasan industri,” ujarnya.

Heru juga meminta para investor agar tidak segan berkonsultasi jika selama ini mengalami kesulitan dalam mengurus izin, khususnya yang berkaitan dengan masalah lingkungan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya