SOLOPOS.COM - Dekan FKIK UKSW Salatiga, Ir. Ferry F. Karwur (dua kanan) dan Wakil Dekan Faculty of Engineering CZU, Prof. Ing. David Herák (dua kiri) saat penandatanganan kerja sama. (Solopos.com/Humas UKSW)

Solopos.com, SALATIGAUniversitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Salatiga menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) bersama Czech University of Life Sciences Prague (CZU) Ceko, baru-baru ini. MoU itu semakin memperluas kerja sama UKSW dengan universitas di berbagai negara di luar negeri.

Kerja sama yang dimotori Direktorat Kerja Sama UKSW Salatiga diinisiasi Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) melalui tawaran kerja sama oleh CZU. Terdapat empat fakultas di UKSW yang terlibat dalam kerja sama ini, yakni FKIK, Fakultas Pertanian dan Bisnis (FPB), Fakultas Teknik Elektronika dan Komputer (FTEK), dan Fakultas Teknologi Informasi (FTI).

Kerja sama UKSW dengan CZU meliputi pertukaran mahasiswa dan staf akademik, joint research, seminar dan pertemuan akademik, pertukaran informasi dan kurikulum, serta publikasi.

Twinning program juga menjadi bagian dari kerja sama yang akan dilakukan UKSW dengan CZU bagi staf atau dosen yang ingin menempuh studi S2 dan S3,” kata Kepala Bagian Kerja Sama Direktorat Kerja Sama UKSW, Ardiyarso Kurniawan, M.Hum., Sabtu (8/4/2023).

Wakil Rektor Bidang Kerja Sama dan Kealumnian (KK), Yafet Yosafet Wilben Rissy, S.H., M.Si., LLM (AFHEA)., mengatakan kerja sama UKSW dan CZU menjadi kesempatan bagi UKSW untuk membangun kemitraan dan kolaborasi serta memperluas jaringan secara global.

“Kerja sama ini merupakan salah satu upaya percepatan internasionalisasi setelah UKSW meraih akreditasi unggul,” tegasnya.

Dijelaskannya, salah satu kerja sama konkret yang akan dikerjakan adalah pertukaran mahasiswa dan staf untuk mempelajari smart or precision agriculture.

“Teknologi pertanian di sana sangat canggih, mulai dari pemetaan dan persiapan lahan, pembibitan, penuaian, pengelolaan dan distribusinya sangat baik sehingga UKSW akan mengirimkan mahasiswa dan stafnya untuk belajar di sana,” tandasnya.

Penandatanganan MoU secara langsung oleh Wakil Dekan Faculty of Engineering CZU, Prof. Ing. David Herák, Ph.D. Sementara itu, dari pihak UKSW ditandatangani Dekan FKIK Ir. Ferry F. Karwur, M.Sc., Ph.D; Dekan FPB, Dr. Ir. Bistok Hasiholan Simanjuntak, M.Si; Dekan FTEK, Darmawan Utomo, S.T., M.Eng., Ph.D; serta Dekan FTI, Prof. Ir. Daniel Herman Fredy Manongga, M.Sc., Ph.D.

Penandatangan MoU ini juga disaksikan secara langsung oleh Wakil Rektor Bidang KK, Yafet Yosafet Wilben Rissy, S.H., M.Si., LLM (AFHEA); Wakil Rektor Bidang Riset, Inovasi dan Kewirausahaan (RIK), Prof. Dr. Ir. Eko Sediyono, M.Kom; dan Direktur Direktorat Kerja Sama, Dian Toar Getroidester Sumakul, S.Pd, M.A; serta pimpinan fakultas lainnya.

Rekomendasi
Berita Lainnya