SOLOPOS.COM - Logo PKS (JIBI/Dok)

Solopos.com, SEMARANG — Partai Keadilan Sejahtera (PKS) mengeklam perolehan suara mengalami peningkatan pada Pemilu Legislatif DPRD Kota Semarang 2024. Kendati demikian, jatah atau raihan kursi PKS di DPRD Kota Semarang tidak akan bertambah atau sama dengan Pemilu 2019, yakni 6 kursi.

Hal tersebut disampaikan Ketua DPC PKS Kota Semarang, Suharsono, yang menyebut perolehan suara partanya pada pemilu kali ini mencapai 102.000. Jumlah itu lebih tinggi dibandingkan perolehan suara pada Pemilu 2019, yakni 76.000.

Promosi Cerita Klaster Pisang Cavendish di Pasuruan, Ubah Lahan Tak Produktif Jadi Cuan

“Insyaallah naik [perolehan suara di pemilu 2024] kalau berdasarkan penghitungan saksi kami,” ujar Suharsono, Jumat (1/3/2024).

Dari total 102.000 suara yang diterima, lanjut Suharsono, PKS optimistis bakal mengamankan 6 kursi di DPRD Kota Semarang. Jumlah itu sama dengan perolehan kursi PKS di DPRD Kota Semarang dalam Pemilu 2019.

“Jadi untuk PKS Kota Semarang meraih 6 kursi yang berasal dari tiap dapil [6 dapil]. Kalau untuk DPRD Jateng, kita meraih satu kursi [Dapil Jateng 1],” ujarnya.

Kendati demikian, PKS Kota Semarang masih menunggu keputusan resmi dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Semarang terkait hasil rekapitulasi perolehan suara dan juga nama-nama caleg ditetapkan lolos ke DPRD Kota Semarang. Saat ini, PKS masih mengawal proses rekapitulasi dan penghitungan suara di tingkat kota yang berlangsung hingga Senin (4/3/2024).

“Kami mengawal suara dari tingkat TPS, PPK (Panitia Pemilu Kecamatan), KPU, semoga aman semuanya. Untuk nama caleg yang duduk di kursi DPRD, menunggu penetapan KPU. Namun, insyaallah kami dapat 6 kursi,” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya