SOLOPOS.COM - Ilustrasi stok darah(JIBI/Bisnis Indonesia/dok)

Persediaan darah di PMI Purbalingga dikatakan masih aman hingga akhir tahun.

Kanalsemarang.com, PURBALINGGA- Stok darah di Unit Donor Darah (UDD) Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Purbalingga, Jawa Tengah, menjelang akhir tahun 2015 dalam posisi aman karena hingga hari Selasa masih tersedia sebanyak 346 kantong darah.

Promosi UMKM Binaan BRI Ini Jadi Kuliner Rekomendasi bagi Pemudik di Pekalongan

“Ke-346 kantong darah itu terdiri atas 110 kantong golongan darah A, 160 kantong golongan darah B, 69 kantong golongan darah O, dan tujuh kantong golongan darah AB,” kata petugas UDD PMI Cabang Purbalingga Amin di sela kegiatan donor darah di Sekretariat Daerah Purbalingga seperti dilansir Antara, Selasa (22/12/2015).

Kendati demikian, dia mengakui bahwa setiap harinya UDD PMI Cabang Purbalingga mengeluarkan stok darah berkisar 20-30 kantong.

Dengan demikian, kata dia, dalam satu bulan dibutuhkan sekitar 850 kantong darah dari berbagai golongan darah.

Ia mengatakan bahwa darah yang didonorkan pada dasarnya gratis namun ada biaya pengolahan sebesar Rp360 ribu agar bisa digunakan untuk transfusi.

“Bagi peserta BPJS Kesehatan atau Askes yang membutuhkan darah dapat memperolehnya secara gratis karena telah dibayar oleh premi kepesertaannya, demikian pula bagi penyumbang darah yang membutuhkan darah,” katanya.

Sementara bagi istri penyumbang darah, kata dia, dikenakan biaya sebesar 75 persen dan anak penyumbang darah dikenakan biaya sebesar 50 persen dari biaya pengolahan.

“Kebijakan tersebut hanya berlaku di UDD PMI Cabang Purbalingga, mungkin di kabupaten lain akan berbeda,” jelasnya.

Terkait kegiatan donor darah di Setda Purbalingga, Amin mengatakan bahwa hal itu rutin dilaksanakan setiap tiga bulan sekali.

Akan tetapi dalam kegiatan kali ini, kata dia, banyak perwakilan satuan kerja perangkat daerah (SKPD) yang datang karena berbarengan dengan rangkaian peringatan Hari Jadi Ke-185 Kabupaten Purbalingga.

“Dalam kegiatan kali ini, kami bisa mengumpulkan 18 kantong darah,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya