SOLOPOS.COM - Ilustrasi beras (Dok/JIBI/Bisnis Indonesia)

Persediaan pangan khususnya beras di Jawa Tengah dipastikan masih aman hingga 3,5 bulan ke depan.

Kanalsemarang.com, SEMARANG – Persediaan beras oleh Perum Bulog Divisi Regional Jawa Tengah cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat hingga 3,5 bulan ke depan.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

“Meski demikian karena keterbatasan persediaan beras medium maka penyaluran raskin pada 3,5 bulan ini akan menggunakan beras premium,” kata Kepala Bulog Divre Jateng Usep Karyana di Semarang, Rabu (23/12/2015).

Menurut dia, penggunaan beras medium untuk penyaluran raskin akan kembali dilakukan saat musim panen tiba yang diprediksikan terjadi sekitar Maret-April.

“Kalau saat panen tiba pasti kami melakukan penyerapan, mungkin Maret-April. Saat ini kami masih pakai beras premium hingga Maret atau paling tidak hingga pertengahan April,” katanya.

Dia mengakui saat ini Bulog belum melakukan penyerapan beras kembali mengingat stok dari petani juga sudah mulai habis.

“Terakhir penyerapan sekitar awal bulan ini. Meskipun sedikit tetapi bisa menambah cadangan beras yang ada di gudang Bulog,” katanya.

Terkait dengan kondisi tersebut, pihaknya berharap agar masyarakat lebih bersyukur mengingat beras yang nantinya mereka terima kualitasnya lebih baik dibandingkan dengan yang biasanya.

Secara keseluruhan, capaian penyerapan beras oleh Bulog hingga saat ini 453.000 ton. Hal itu, katanya, artinya capaian penyerapan sudah mencapai 86 persen dari target awal yaitu 505.000 ton.

“Pada tahun depan, target penyerapan beras oleh Bulog meningkat menjadi 605.000 ton. Mudah-mudahan bisa tercapai,” katanya.

Terkait dengan penyaluran raskin pada tahun depan, pihaknya masih menunggu ketentuan waktu sekaligus pagu dari pusat.

“Oleh karena itu kami belum bisa menentukan apakah ada percepatan penyaluran atau tidak seperti yang terjadi pada tahun ini,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya