SOLOPOS.COM - Warga antusias menyaksikan rapat paripurna istimewa dalam rangka Hari Jadi ke-1.273 Kota Salatiga di Alun-alun Pancasila Salatiga, Senin (24/7/2023). (Solopos.com/Hawin Alaina)

Solopos.com, SALATIGA — Ada yang unik dalam perayaan Hari Jadi ke-1.273 Kota Salatiga, Senin (24/7/2023). Di kesempata tersebut, DPRD Kota Salatiga untuk kali pertama menggelar rapat paripurna istimewa di Alun-alun Pancasila.

Rapat paripurna itu sontak menjadi perhatian warga yang berada di Alun-alun Kota Salatiga. Ratusan warga itu penasaran dengan sidang paripurna tersebut. Mereka mendekat di sekitar tenda yang disulap sebagai ruang rapat paripurna istimewa.

Promosi Jaga Keandalan Transaksi Nasabah, BRI Raih ISO 2230:2019 BCMS

Penjabat Wali Kota Salatiga, Sinoeng N., Rachmadi, mengatakan sidang paripurna istimewa ini memang benar-benar istimewa.

Selain di tempat yang tidak biasa, keistimewaan di rapat paripurna istimewa ini juga dihadiri ketua RW se-Kota Salatiga. Masyarakat juga bisa menyaksikan langsung di alun-alun.

“Istimewa karena bertepatan dengan Hari Jadi atau HUT dan wali kota atau pejabat wali kota atau kepala daerah sesuai dengan Perda membacakan sambutan itu di sidang paripurna istimewa. Sama dengan gubernur, sama seperti presiden pada saat Hari Jadi Provinsi maupun Hari Kemerdekaan,” ungkap Pj Wali Kota Salatiga, Senin.

Hal teristimewa lainnya, lanjut Sinoeng, hadir juga para pejabat yang sudah purna. Para tokoh masyarakat juga dihadirkan untuk bergabung menjadi satu.

“Yang ketiga diadakan kenduri bersama masyarakat. Bahkan belum dimulai kenduri, makanan yang sudah habis. Tadi saya jawil-jawil sama pak ketua, besok tahun depan insyaallah kita akan tambahkan [stan makanan],” terang Sinoeng.

Ke depannya, acara seperti itu akan dikemas menjadi salah satu event pariwisata tahunan di Kota Salatiga.

“Ada empat orang yang saya amati tadi dari turis asing yang datang ke sini apakah mereka dosen atau apa, tapi mengabadikan itu,” ungkap Pj Wali Kota.

Menurut Sinoeng, sidang paripurna istimewa ini menjadi menarik sebab baru kali ini digelar di alun-alun. Biasanya, sidang paripruan digelar di gedung DPRD.

“Ini menjadi satu keistimewaan sebagai Hari Jadi. Kebersamaan, soliditas, kegotongroyongan itu akan mewarnai tema yang ada yang sudah dimenangkan oleh teman kita, saudara kita dari Bogor, yaitu bersatu, tumbuh, dan maju,” kata Sinoeng.

Sementara itu, Ketua DPRD Kota Salatiga, Dance Ishak Palit, mengatakan sidang paripurna istimewa ini menjadi bagian dari bentuk bahwa Hari Jadi Kota Salatiga itu adalah Hari Jadi Rakyat.

“Momentum Hari Jadi Salatiga ini adalah momentum kita bersama untuk bergerak maju ke depan dan solid. Sidang di alun-alun Ini baru pertama kali. Saya rasa di Indonesia baru ini yang pertama, sidang paripurna bukan cuma RW, masyarakat langsung nonton kok,” kata Dance.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya