SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Dok)

Perumahan rakyat berupa rumah susun (rusun) disiapkan untuk nelayan Pekalongan.

Kanalsemarang.com, PEKALONGAN-Pemerintah Kota Pekalongan, Jawa Tengah, segera merealisasikan pembangunan rumah susun sederhana sewa bagi nelayan di Kelurahan Panjang Baru, Kecamatan Pekalongan Utara.

Promosi Simak! 5 Tips Cerdas Sambut Mudik dan Lebaran Tahun Ini

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kota Pekalongan, Marsudi Ismanto di Pekalongan, Rabu, mengatakan bahwa pemkot telah menyediakan lahan seluas 1,02 hektare untuk pembangunan rusunawa nelayan di Kelurahan Panjang Baru.

“Kami berharap pembangunan rusunawa nelayan ini dapat terealisasi pada 2016 sebagai upaya membantu para nelayan yang belum memiliki tempat tinggal,” katanya.

Ia yang didampingi Kepala Bidang Cipta Karya Dinas Pekerjaan Umum, Andrianto mengatakan pemkot sudah mengirimkan sertifikat tanah pada Ditjen Perumahan Rakyat dan dikabarkan pada Oktober 2015 konsultan “Detail Engineering Design” ke Kota Pekalongan.

Adapun pertimbangan pemkot memilih lokasi di Kelurahan Panjang Baru, kata dia, sebagai upaya mendukung kawasan sentra perikanan terpadu di daerah ini.

“Sebelumnya, pemkot telah menyediakan lahan seluas 1,5 hektare tetapi setelah dilakukan pengukuran dan validasi oleh Badan Pertanahan Nasional (BPN) yang tertulis pada sertifikat hanya 1.02 ha,” katanya.

Ia berharap Kementerian Pekerjaan Umum dan Pekerjaan Rumah segera terjun ke Kota Pekalongan untuk mematang proyek yang didanai oleh pemerintah ini agar pembangunan rusunawa dapat dikerjakan awal 2016.

“Kami berharap pembangunan rusunawa nelayan dapat masuk tahun anggaran 2016. Rusunawa ini, kami perkirakan mampu menampung sekitar 200 keluarga,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya