SOLOPOS.COM - Ilustrasi solar panel. (Freepik.com)

Solopos.com, BATANG — Perusaahaan solar panel asal Amerika Serikat (AS), SEG Solar, berencana menanamkan investasi mencapai Rp7,5 triliun di Kawasan Industri Terpadu Batang (KITB). Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Batang, Wahyu Budi Santoso, Jumat (30/6/2023).

Wahyu menilai masuknya perusahaan solar panel asal AS itu akan membawa dampak positif bagi kemajuan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat Batang.

Promosi Harga Saham Masih Undervalued, BRI Lakukan Buyback

“Hal yang positif dengan hadirnya investor dari Amerika Serikat itu, tentu akan memajukan pembangunan di daerah, kesejahteraan masyarakat, dan peluang tenaga kerja,” ujarnya.

Ia didampingi Kepala Bidang Penanaman Modal Cahyaningrum mengatakan, Pemkab Batang siap memfasilitasi permohonan perizinan yang dibutuhkan oleh para investor melalui aplikasi sistem perizinan berusaha terintegrasi secara elektronik.

“Kami berharap semoga investasi asal Amerika Serikat ini dapat segera terealisasi, karena hal itu akan memberikan dampak positif bagi kemajuan daerah sekaligus devisa negara,” katanya pula.

Direktur Utama Kawasan Industri Terpadu Batang, Ngurah Wirawan, mengatakan Kawasan Industri Terpadu Batang kini semakin merambat cepat menuju lahan fase 2. Hal itu menyusul mulai banyaknya perusahaan mapan internasional yang melirik kawasan industri tersebut.

“Di antaranya, SEG Solar Inc bersama ATW Group (mitra Indonesia) perusahaan panel dan modul surya yang berasal dari Amerika Serikat hadir di Kawasan Industri Terpadu Batang,” katanya lagi.

Ia berharap kemitraan dengan SEG Solar Inc dapat membawa banyak produksi energi terbaru ke negara ini. Ini merupakan kolaborasi win-win, yang akan memastikan pasokan bahan inti yang stabil dan hemat biaya untuk modul surya SEG dan menciptakan lapangan kerja bagi ekonomi lokal di Indonesia.

“Kehadiran SEG Solar Inc menjadi pengaruh besar dalam mempercepat implementasi energi di Indonesia. Selain itu, kehadiran SEG Solar Inc mengundang persiapan warga Kabupaten Batang mengisi kebutuhan tenaga kerja yang diperkirakan membutuhkan 2.000 pekerja,” katanya pula.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya