SOLOPOS.COM - Waduk Wadaslintang Wonosobo. (Istimewa/Instagram @iamhirman_)

Solopos.com, WONOSOBO — Ada banyak wisata Kabupaten Wonosobo yang wajib dikunjungi. Salah satunya Lubang Sewu ini.

Dilansir dari berbagai sumber, wisata ini dikenal dengan pesona batu karang putih yang membentuk tebing dengan ketinggian rendah. Wisata alam ini sebenarnya merupakan tepian Waduk Wadaslintang yang letaknya berada di Desa Erorejo, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah.

Promosi Safari Ramadan BUMN 2024 di Jateng dan Sulsel, BRI Gelar Pasar Murah

Termasuk salah satu wisata unik di Wonosobo, pesona Lubang Sewu di Waduk Wadaslintang ini mampu menarik wisatawan hingga luar kota. Terlebih lagi, letaknya berada di perbatasan Kabupaten Kebumen dan Wonosobo. Tak heran jika setiap akhir pekan atau hari libur destinasi wisata ini kerap ramai dikunjungi wisatawan.

Dalam bahasa Indonesia, lubang sewu berarti lubang seribu di mana ribuan lubang dan batu karang muncul saat air Waduk Wadaslintang sedang surut. Lubang-lubang dan batu karang ini memiliki bentuk yang unik.

Sekilas terlihat seperti tebing yang ada di luar negeri, tapi ini versi mini. Terlebih lagi, sapuan arus air juga menciptakan ukiran alami pada dinding-dinding tebing sehingga tambah menawan.

Momen saat surut di tebing batu karang ini biasanya digunakan warga sekitar sebagai tempat memancing ikan serta dijadikan tempat wisata yang menopang kehidupan masyarakatnya. Oleh karena itu, pesona wisata ini hanya bisa dinikmati saat musim kemarau tiba, yaitu sekitar bulan Agustus hingga September.

Kombinasi Waduk Wadaslintang Wonosobo dengan panorama alam pegunungan di sekitarnya yang begitu alami dapat Anda nikmati sembari duduk di atas tebing karang. Ditambah suasana yang sejuk semakin membuat nyaman bagi siapapun yang datang.

Menikmati Waduk Wadaslintang Wonosobo paling cocok saat sore hari. Di mana cuacanya tidak begitu panas sembari menunggu momen sunset yang merubah warna langit menjadi jingga. Jadi, jangan lupa untuk mengabadikan momen indah saat berkunjung ke sini ya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya