SOLOPOS.COM - Aktivitas river tubing di Curug Karang, Purbalingga. (Istimewa/Instagram @alfatah88)

Solopos.com, PURBALINGGADesa Wisata Tanalum, Purbalingga mencuri perhatian sebagai destinasi wisata dengan keindahan alamnya yang begitu melimpah.

Meski berada di ujung utara kota yang berjarak sekira 30 kilometer dari pusat Kota Purbalingga, desa ini tak lepas dari lirikan wisatawan. Desa dengan nama unik ini memiliki kisah menarik mengenai asal-usul nama Desa Tanalum.

Promosi Kredit BRI Tembus Rp1.308,65 Triliun, Mayoritas untuk UMKM

Berangkat dari dua suku kata, yakni Tan yang berasal dari bahasa Sansekerta dengan makna tidak, dan Alum yang berasal dari bahasa Jawa yang berarti layu. Gabungan nama tersebut membawa arti Tidak Layu, menjadi simbol kehidupan yang berlimpah dan subur di tanah Desa Tanalum.

Desa Wisata Tanalum, melalui keunikan geografis dan biodiversitasnya, menyandang gelar Negeri Seribu Curug. Bukan sekadar gelar, desa ini nyatanya memang memiliki banyak curug yang tersebar di seluruh sudut desa.

Dilansir oleh laman website visitjawatengah.jatengprov.go.id pada Senin (28/8/2023), Badan Usaha milik Desa (BUM Desa) Tirto Lestari Desa Tanalum telah mengelola empat curug alami. Masing-masing curug ini memiliki pesona dan keindahannya tersendiri.

1. Curug Nagasari

Curug Nagasari terletak di Dusun Pucungrumbak menjadi curug tertinggi di Kabupaten Purbalingga. Curug Nagasari menjadi magnet bagi para pencinta alam dan penggemar petualangan. Dengan keindahan alam yang melimpah, curug ini telah menjadi tujuan wisata yang sangat dicari.

2. Curug Gogor

Keunikan Curug Gogor yang terletak di Dusun Buret Sawangan ini memiliki empat tingkatan yang memberikan peluang bagi para wisatawan untuk menjelajahi setiap tingkatan air terjun dan menikmati panorama yang luar biasa.

3. Curug Karang

Curug Karang memukau dengan batu karang yang jadi ciri khasnya membingkai keindahan air terjun dengan tiga tingkatan.

4. Curug Aul

Tak ketinggalan, Curug Aul juga mengundang minat para wisatawan. Kejernihan airnya dan pemandangan sekitarnya yang menawan menjadikan Curug Aul sebagai tujuan favorit bagi para pengunjung yang mencari ketenangan alam dan keindahan aliran air yang menawan.

Setiap curug kini telah dilengkapi dengan area parkir yang luas, memberikan kenyamanan bagi para wisatawan yang datang dengan kendaraan pribadi. Selain area parkir, fasilitas pelengkap lainnya juga telah tersedia.

Curug-curug tersebut juga menawarkan pemandangan lanskap yang mengagumkan yang sering kali menjadi latar yang sempurna untuk mengabadikan momen di sekitar curug.

Berdasarkan informasi yang diperoleh dari laman Instagram @desawisata_tanalum, keindahan Desa Wisata Tanalum tak hanya berhenti pada pesona air terjunnya.

Para wisatawan yang mengunjungi tempat ini juga dapat menikmati serangkaian aktivitas wisata yang penuh tantangan dan keseruan. Aktivitas seperti river tubing, rappelling, canyoning, trekking, dan berbagai kegiatan luar ruangan lainnya dapat dinikmati oleh para wisatawan.

Selain itu, Desa Wisata Tanalum juga menyediakan fasilitas homestay dan camping ground yang nyaman. Wisatawan yang ingin bermalam dapat merasakan kehidupan perdesaan yang autentik dan merasakan kedekatan dengan alam sekitar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya