SOLOPOS.COM - Pintu masuk Pantai Glagah Wangi Istambul di Demak yang dikelilingi hutan mangrove. (pariwisata.demakkab.go.id)

Solopos.com, DEMAK — Nama Pantai Glagah Wangi Istambul memang terdengar asing bagi masyarakat di luar pesisir pantai utara Jawa Tengah (Jateng). Meski demikian, pantai ini sangat populer di kalangan masyarakat Demak. Bahkan, Pantai Glagah Wangi Istambul ini disebut-sebut sebagai destinasi wisata alam terpopuler atau paling banyak dikunjungi wisatawan di Kabupaten Demak, Jateng.

Pantai Glagah Wangi Istambul ini terletak di pesisir pantai utara Jawa, tepatnya di wilayah Kabupaten Demak. Di sini, wisatawan tidak hanya bisa bermain pasir, berenang, snorkeling atau menyelam, tapi juga menikmati pemandangan hutan mangrove di sepanjang sungai sebelum ujung pantai.

Promosi Efek Ramadan dan Lebaran, Transaksi Brizzi Meningkat 15%

Diolah dari berbagai sumber, Pantai Glagah Wangi Istambul disebut-sebut sebagai destinasi atau tempat wisata alam terpopuler atau paling banyak dikunjungi di Demak. Tempat wisata yang pernah masuk nomine Anugerah Pesona Indonesia (API) 2020 itu dikunjungi sekitar 36.139 wisatawan dalam setahun.

Pantai ini mempunyai cara menarik dengan membawa program wisata alam yaitu mengunjungi “Laboratorium Mangrove” untuk menarik wisatawan. Hutan mangrove di pantai ini terlihat masih hijau dan asri. Saat akan memasuki kawasan hutan mangrove, wisatawan akan melewati lorong-lorong jembatan kayu yang mengantarkan sampai hutan mangrove.

Pantai Glagah Wangi menawarkan keindahan berbeda dengan cara yang tak biasa untuk melihat matahari terbenam atau sunset. Wisatawan dapat merasakan pengalaman berbeda dengan pantai lainnya saat melihat sunset. Di pantai ini wisatawan dapat menikmati sunset dengan menggunakan ojek perahu menyusuri hutan mangrove.

Lokasi wisata alam terpopuler atau paaling banyak dikunjungi di Demak ini terletak di Desa Tambakbulusan, Dukuh Bongsari, Kecamatan Karangtengah. Pengunjung atau wisatawan yang ingin menikmati keindahan pantai ini hanya dikenai tarif masuk Rp15.000.

Setelah itu, wisatawan akan diarahkan menuju ke dermaga kecil untuk menaiki perahu bermesin untuk menuju ke lokasi wisatanya. Fasilitas yang tersedia di pantai ini juga memadai seperti kamar mandi, tempat makan, suvenir, dan juga tempat penyewaan pelampung anak.

Pantai Glagah Wangi Istambul juga terbilang aman dan ramah bagi anak karena ombak yang sangat tenang. Pantai ini juga tergolong dangkal dan berpasir luas, bersih dari sampah dan dari pecahan cangkang kerang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya