SOLOPOS.COM - Petugas kebersihan tengah membersihkan sampah-sampah yang bersekan di sepanjang Jalan Pahlawan atau depan gedung Gubernur Jawa Tengah. (Solopos.com/Adhik Kurniawan).

Solopos.com, SEMARANG – Acara pest perpisahan Ganjar Pranowo sebagai Gubernur Jawa Tengah (Jateng) digelar di halaman Kantor Gubernur Jateng, Kota Semarang, Selasa (5/9/2023). Acara itu pun berlangsung meriah. Namun di sisi lain, acara juga diwarnai sampah yaang berserakan di di halaman Kantor Gubernur Jawa Tengah (Jateng) hingga sepanjang Jalan Pahlawan, Kota Semarang.

Pantauan Solopos.com, banyak masyarakat yang meninggalkan sampah di sepanjang Jalan Pahlawan mulai dari depan gedung Telkomsel hingga gedung Dinaskertrans Jateng. Tumpukan sampah itu merupakan bekas tempat makanan dan minuman yang dibawa para masyarakat.

Promosi BI Rate Naik, BRI Tetap Optimistis Penyaluran Kredit Tumbuh Double Digit

Tidak hanya di sepanjang Jalan Pahlawan, tumpukan sampah juga terlihat berserakan hingga di sekitaran panggung utama atau halaman kantor Gubernur Jateng. Panitia acara yang melihat tumpukan sampah itu pun langsung bergerak cepat untuk melakukan pembersihan.

“Iya, kita di sini ikut membantu tenaga kebersihan buat membersihkan sampah. Apalagi sampah habis pesta rakyat banyak banget. Padahal acara belum selesai. Jadi kalau enggak dicicil makin menggunung nanti pas selesai acara,” kata Ketua Bank Sampah RW 006, Kelurahan Jomblang, Kecamatan Candisari, Kota Semarang, Novi, di lokasi acara, Selasa petang.

Novi datang bersama lima rekannya dan menyebar di halaman Kantor Gubernur Jateng hingga sepanjang Jalan Pahlawan. Nantinya, sampah-sampah yang diambil ini, selain dijual juga akan dijadikan kerajinan.

“Kebanyakan dus, belas makanan, botol, terus tas plastik. Dan ini nanti kita bawa [sampah] ke bank sampah. Kita pilah mana yang bisa dijual dan mana uang bisa dibuat kerajinan,” ujarnya.

Seorang petugas kebersihan, Seto, mengaku sudah tak terhitung berapa kali dirinya bolak-balik mengambil dan mengumpulkan sampah-sampah. Ia mengaku sudah mulai mengambil sampah sejak pukul 16.00 WIB.

“Wuah banyak. Puluhan ada, lebih mungkin. Ini saja masih muter terus sampai nanti acara selesai,” tutup Seto.

Acara pesta perpisahan Ganjar Pranowo sebagai Gubernur Jateng ini dimeriahkan dengan penampilan sederet artis. Acara yang dihadiri puluhan orang ini rencana berakhir pukul 21.25 WIB.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya