SOLOPOS.COM - Ketua DPW PKB Jateng, Muhammad Yusuf Chudlori atau yang karib disapa Gus Yusuf. (Solopos.com-Antara)

Solopos.com, SEMARANG — Ketua DPW Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jawa Tengah (Jateng), Muhammad Yusuf Chudlori atau yang karib disapa Gus Yusuf, mengaku memiliki kecocokan dengan Ketua DPD Gerindra Jawa Tengah (Jateng), Sudaryono, atau yang kerap disapa Mas Dar. Meski demikian, Gus Yusuf mengaku hingga saat ini belum ada keputusan resmi koalisi antara PKB dengan Gerindra untuk menghadapi kontestasi Pilkada atau Pilgub Jateng 2024.

“Ada [kecocokan dengan Gerindra dan Mas Dar]. Tapi masih berproses [untuk koalisi atau duet],” ujar Gus Yusuf kepada Solopos.com, Senin (27/5/2024).

Promosi Peternak Kambing di Malang Sukses Kembangkan Usaha Berkat Pemberdayaan BRI

Gus Yusuf juga mengaku pihaknya sudah melakukan pertemuan dengan kubu Gerindra atau Mas Dar untuk membahas Pilgub Jateng. Meski demikian, pertemuan tersebut masih bersifat penjajakan dan belum diputuskan koalisi.

“Masih berproses [koalisi], belum resmi [berpasangan dengan Sudaryono],” ujar Gus Yusuf.

Seperti diketahui, baik Gus Yusuf maupun Sudaryono saat ini masuk dalam bursa calon gubernur Jateng pada Pilkada 2024. Keduanya juga sama-sama mengincar kursi Jateng 1 atau calon gubernur (cagub) Jateng.

Meski demikian, baik PKB maupun Gerindra sama-sama tidak bisa mengusung calon sendiri atau harus berkoalisi. Perolehan kursi kedua partai itu di DPRD Jateng tidak memenuhi ambang batas untuk mengusung calon sendiri atau kurang dari 20 persen dari total 120 kursi DPRD Jateng.

Terpisah, Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar atau Cak Imin, tetap bersikukuh untuk mengusung Gus Yusuf sebagai calon gubernur pada Pilgub Jateng 2024. Menurutnya, Gus Yusuf adalah sosok yang tepat dan memiliki popularitas yang cukup tinggi.

“Jateng ya kita tetap ihtiar kepada Gus Yusuf, populer dia [Gus Yusuf]. Di sosmed [sosial media] juga bagus,” kata Muhaimin di Hotel Grand Arkenso Parkview Semarang, Kamis (6/6/2024).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya