SOLOPOS.COM - Ilustrasi pemilihan umum kepala daerah (JIBI/Harian Jogja/Istimewa)

Pilkada 2017 digelar di tujuh daerah di Jateng, namun Partai Demokrat hanya menargetkan menang di dua daerah.

Semarangpos.com, SEMARANG — Partai Demokrat menargetkan memenangi dua dari tujuh pemilihan umum kepala daerah (pilkada) yang digelar serentak di Jawa Tengah pada 2017 mendatang.Target serupa juga digariskan Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Promosi BRI Group Berangkatkan 12.173 Orang Mudik Asyik Bersama BUMN 2024

“Target 30% atau minimal memenangi dua pilkada tersebut sesuai dengan instruksi Bapak Ketua Umum Susilo Bambang Yudhoyono,” ungkap Wakil Ketua DPD Partai Demokrat Jawa Tengah Alamsyah Satyanegara Sukawijaya di Semarang, Rabu (11/5/2016).

Menurut dia, salah satu Pilkada 2017 yang menjadi target kemenangan Partai Demokrat itu adalah Pilkada Kota Salatiga, sedangkan satu daerah lainnya belum ditentukan. “Pada Pilkada Kota Salatiga, kami akan mendukung petahana beserta pasangannya, sedangkan enam pilkada lainnya belum diputuskan oleh Tim Tujuh,” ujarnya.

Kendati telah memasang jumlah target pemenangan tujuh pilkada di Jateng, pria yang akrab disapa Yoyok Sukawi itu memastikan bahwa partainya akan berkoalisi dengan partai politik lain dalam mengusung kandidat pilkada.

PKS Juga 2
Sementara itu, Dewan Pimpinan Wilayah Partai Keadilan Sejahtera Jawa Tengah berencana mencalonkan dua kader terbaiknya untuk maju pada pemilihan kepala daerah di Kota Salatiga dan Kabupaten Brebes. “Kader yang akan kami ajukan itu adalah Muhammad Haris pada Pilkada Kota Salatiga dan Suswono [mantan Menteri Pertanian] pada Pilkada Kabupaten Brebes,” kata Ketua DPW PKS Jawa Tengah Kamal Fauzi.

Terkait dengan rencana tersebut, DPW PKS Jawa Tengah sedang melakukan konsolidasi dan penjajakan elektabilitas dari tiap bakal calon kepala daerah. Ia mengungkapkan bahwa PKS menargetkan dapat memenangi dua dari tujuh pilkada serentak pada 2017, kendati harus berkoalisi dengan partai politik lainnya.

“Target kami memenangi pilkada Kota Salatiga dan Kabupaten Brebes, meskipun harus berkoalisi karena kami tidak bisa mengusung calon sendiri,” ujarnya.

Ketujuh daerah di Jateng yang akan menggelar pilkada serentak pada 2017 itu adalah Kota Salatiga, Kabupaten Banjarnegara, Kabupaten Batang, Kabupaten Jepara, Kabupaten Pati, Kabupaten Cilacap, dan Kabupaten Brebes.

 

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya