SOLOPOS.COM - Suasana uji kepatutan calon anggota panwaslu di Bawaslu Jateng. (bawaslu-jatengprov.go.id)

Pilkada 2017 pengawasannya dimulai dengan tahapan pelantikan 21 anggota panitia pengawas pemilu (panwaslu) untuk tujuh kabupaten/kota di Jateng.

Semarangpos.com, SEMARANG – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Jawa Tengah (Jateng), Senin (23/5/2016) sore, melantik 21 anggota panitia pengawas pemilu (panwaslu) untuk tujuh kabupaten dan kota penyelenggara Pemilihan Mmum Kepala Daerah (Pilkada) 2017 di Jateng.

Promosi BRI Kantor Cabang Sukoharjo Salurkan CSR Senilai Lebih dari Rp1 Miliar

Kepada para anggota panwaslu di tujuh kota dan kabupaten Jateng yang menyelenggarakan Pilkada 2017 itu, Bawaslu Jateng meminta segera bekerja menghadapi tahapan pemilu lokal tersebut. “Kami minta para anggota panwas segera melakukan koordinasi internal, dengan membentuk ketua dan divisi-divisi. Paling lambat Rabu depan [25/5/2016], sudah harus terbentuk,” kata anggota Bawaslu Jateng Juhana kepada wartawan di sela pelantikan 21 orang anggota panwas di tujuh kabupaten/kota di Hotel Patra Semarang.

Pelantikan dilakukan Ketua Bawaslu Jateng, Abhan, serta dihadiri Ketua Bawaslu Muhammad, serta Asisten Pemerintahan Pemerintah Provinsi Jateng,  Siswo Laksono.

3 Setiap Daerah
Sebanyak 21 anggota panwas tersebut akan bertugas di tujuh kabupaten/kota yakni Banjarnegara, Jepara, Batang, Pati, Cilacap, Brebes, dan Kota Salatiga. Masing-masing daerah diisi tiga orang anggota panwas.

“Setelah dilantik 21 anggota panwas akan mendapatkan pembekalan selama tiga hari, Senin-Rabu  di Semarang,” tandas Koordinator Divisi Kelembagaan dan sumberd daya manusia (SDM) Bawaslu Jateng ini.

Juhana lebih lanjut menyatakan, setelah kembali ke daerah masing-masing, anggota panwas agar melakukan koordinasi dengan pemerintah kabupaten/kota setempat. Koordinasi ini menyangkut antara lain, kantor kesekretariatan panwas di kabupaten/kota, mobil operasional, dan staf pegawai kantor kesekretariatan.

“Sesuai ketentuan perundangan pemerintah kabupaten/kota wajib memenuhi ketentuan ini,” tandasnya.

Orang Pilihan
Koordinator Divisi Pengawasan dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu Jateng, Teguh Purnomo menyatakan peran panwas sangat signifikan dalam pelaksana pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2017. “Kepada 21 anggota panwas yang baru dilantik agar bekerja dengan sungguh-sungguh, mengawal proses tahapan Pilkada 2017” harap dia.

Teguh menambahkan, 21 anggota panwas di tujuh kabupaten/kota, adalah orang pilihan, setelah melalui proses tahapan pemilihan yang ketat dan terbuka. “Jumlah pendaftar anggota panwas di tujuh kabupaten/kota sebanyak 233 orang dari berbagai kalangan, setelah dilakukan seleksi terakhir fit and proper test terpilih 21 orang, satu di antaranya perempuan,” ujar dia.

 

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya