SOLOPOS.COM - Ilustrasi pemungutan suara pilkada (JIBI/Harian Jogja/Dok.)

Pilkada 2017 yang bakal digelar di tujuh kabupaten dan kota di Jateng memasuki tahapan pendaftaran bagi calon anggota panitia pengawas pemilu tingkat kecamatan alias panwascam.

Semarangpos.com, SEMARANG – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Jawa Tengah menginstruksikan kepada panitia pengawas pemilu (panwaslu) kabupaten dan kota penyelenggaran Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) 2017 mulai membuka pendaftaran calon anggota panitia pengawas pemilu tingkat kecamatan (panwascam).

Promosi Selamat! 3 Agen BRILink Berprestasi Ini Dapat Hadiah Mobil dari BRI

Koordinator Divisi Organisasi dan Sumber Daya Manusia Bawaslu Jawa Tengah (Jateng), Juhanah, mengatakan pendaftaran calon anggota panwascam itu merupakan tindak lanjut pembentukan panwaslu tujuh kabupaten dan kota penyelenggara Pilkada 2017 di Jateng. “Panitia pengawas tujuh kabupaten-kota yang akan melaksanakan pemilihan kepala daerah serentak 2017 agar segera membuka pengumuman pendaftaran calon anggota panwascam,” katanya di Semarang.

Persyaratan pendaftaran anggota panwacam, menurut dia, saat mendaftar berusia paling muda 25 tahun, berpendidikan paling rendah SLTA atau sederajat, dan berdomisili di wilayah kecamatan yang bersangkutan. “Berkas pendaftaran dikirimkan ke sekretariat panitia pengawas [panwas] kabupaten/kota di daerah masing-masing mulai tanggal 16-22 Juni 2016,” ujarnya.

Dalam tahapan seleksi anggota panwascam, imbuh Juhanah, panwaslu tujuh kabupaten dan kota penyelenggara Pilkada 2017 di Jateng akan meneliti kelengkapan berkas administrasi pendaftaran. Nama-nama calon yang lolos seleksi dijadwalkan diumumkan pada 27 Juni 2016.

Pendaftar yang lolos seleksi administrasi selanjutnya mengikuti seleksi tes tertulis pada 30 Juni 2016. Pengumuman hasil tes tertulis pada 2 Juli 2016. Calon anggota panwascam yang lolos seleksi tes tertulis kemudian mengikuti tes wawancara pada 11-14 Juli 2016.

“Dijadwalkan pelantikan anggota panwascam terpilih pada 18-21 Juli mendatang,” ungkapnya.

Koordinator Divisi Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu Jateng, Teguh Purnomo menambahkan rekrutmen anggota panwascam sepenuhnya menjadi kewenangan panwas kabupaten/kota. “Kami dari Bawaslu Jateng hanya mengawal prosesnya dan membuat soal tes tertulis,” ujar dia.

Dia berharap komponen masyarakat beramai-ramai mendaftar sebagai calon anggota panwascam untuk mengawal pilkada serentak 2017. “Mari kita kawal pelaksanaan pilkada dengan mendaftar sebagai anggota panwascam,” harap Teguh.

Seperti kerap diberitakan, ada tujuh kabupaten dan kota di Jateng yang akan melaksanakan pilkada serentak pada 2017. Ketujuh daerah itu adalah Kota Salatiga, Kabupaten Banjarnegara, Batang, Jepara, Pati, Cilacap, dan Brebes.

 

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya