SOLOPOS.COM - Ilustrasi PDIP (Nurul Hidayat/JIBI/Bisnis)

Pemilihan umum kepala daerah (pilkada) serentak 2018 di tujuh daerah Jateng tanpa koalisi PDIP dengan Gerindra ataupun PKS.

Semarangpos.com, SEMARANG — Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan di Jawa Tengah tampak berjarak dengan Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Tak satu pun dari tujuh pemilihan umum kepala daerah (pilkada) di Provinsi Jawa Tengah pada 2018 yang diwarnai dengan koalisi PDIP dengan Partai Gerindra ataupun PKS.

Promosi Siap Layani Arus Balik, Posko Mudik BRImo Hadir di Rute Strategis Ini

Wakil Ketua Badan Pemenangan Pemilu DPD PDI Perjuangan Jateng Bambang Haryanto tak mengonfirmasi bahwa sikap politik partainya yang sepenuhnya berseberangan dengan Partai Gerindra dan PKS dalam Pilkada 2018 di Jateng itu adalah sebuah kesengajaan. “Saya tidak berpikir kalau tidak bersama [Partai Gerindra dan PKS], mungkin faktor kebetulan atau tidak, saya tidak tahu. Akan tetapi, prinsipnya inilah dinamika yang bisa diwujudkan hari ini seperti itu,” kataBambang Haryanto di Kota Semarang, Jateng, Minggu (7/1/2018) malam.

Hal tersebut disampaikan Bambang seusai penyerahan rekomendasi calon kepala daerah dan calon wakil kepala daerah dari PDIP untuk pilkada serentaj 2018 di Kantor DPD PDIP Jawa Tengah. Dari tujuh kabupaten dan kota di Jateng yang akan menggelar pilkada pada 2018 ini, Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati (Pilbup) Karanganyar yang dinilainya paling aman bagi calon kepala daerah yang diusung PDIP.

“Paling aman Karanganyar karena koalisi besar, kemungkinan besar calon tunggal,” ujarnya. Untuk pilkada di Kabupaten Karanganyar itu, PDIP bersama Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Demokrat, Partai Golongan Karya (Golkar), Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura), dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) mengusung pasangan Juliyatmono-Rober Christanto.

Sedangkan pada Pilbup Kudus, PDIP bersama Partai Demokrat, Partai Golkar, dan PAN akan mengusung pasangan Masan-Noor Yasin.  Pasangan Zaenal Arifin-Edi Cahyana akan diusung PDIP, PKB,PPP, PAN, dan Partai Demokrat pada Pilbup Magelang.

Pasangan Bambang Sukarno-Matoha diusung PDIP dan PKB pada Pilbup Temanggung. Pasangan Achmad Husein-Sadewo Tri Lastiono diusung PDIP, Partai Demokrat, Partai Nasional Demokrat (Nasdem) pada Pilbup Banyumas.

Pasangan Haron Bagas Prakosa-Drajat Adi Prayitno diusung PDIP, Partai Demokrat, dan Partai Nasdem pada Pilbup Tegal. Sedangkan, pada pilkada di Kota Tegal, PDIP akan mengusung pasangan Herujito-K.R.T. Sugono Adinagara.

Sebagai upaya pemenangan Pilkada 2018 di tujuh kabupaten dan kota di Jateng itu, PDIP menurutnya akan menyolidkan struktur partai bersama partai-partai koalisi.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya