SOLOPOS.COM - Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo berorasi dalam aksi massa. (JIBI/Solopos/Antara/R. Rekotomo)

Pilkada atau Pilgub Jateng 2018 belum bisa dipastikan bakal diikuti gubernur incumbent, Ganjar Pranowo.

Semarangpos.com, SEMARANG — Gubernur incumbent atau tengah berkuasa saat ini, Ganjar Pranowo, belum bisa dipastikan bakal maju dalam pemilihan gubernur dan wakil gubernur (pilgub) atau lebih kondang dengan sebutan Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) Jawa Tengah 2018.

Promosi Program Pemberdayaan BRI Bikin Peternakan Ayam di Surabaya Ini Berkembang

Sejauh ini, Ganjar Pranowo masih menunggu keputusan dari Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDI Perjuangan terkait kemungkinan maju kembali sebagai calon incumbent atau petahana pada pilgub alias Pilkada 2018 itu.

“Kalau tradisi di PDI Perjuangan itu menunggu keputusan dari DPP, biasanya di tempat-tempat strategis seperti Jawa Tengah itu langsung dihandle oleh Ketua Umum [Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri], jadi sebenarnya prosesnya ya begitu saja,” katanya di Semarang, Senin (13/3/2017).

Kendati demikian, Ganjar menyebutkan bahwa hingga saat ini DPP PDIP belum melakukan pembahasan untuk menentukan calon yang akan diusung pada pilgub atau Pilkada Jateng 2018 dan biasanya calon incumbent atau petahana memiliki peluang lebih besar untuk maju kembali.

“Untuk Jateng sih sampai hari ini belum ada pembahasan, tapi biasanya kalau incumbent itu selalu disuruh siap-siap,” ujar mantan anggota DPR itu.

Berdasarkan pengalaman yang pernah terjadi pada pilgub atau Pilkada Jateng 2013, kata Ganjar, saat itu ada sosok kader partai politik yang juga menduduki jabatan pimpinan di Pemprov Jateng serta bersuara ingin maju kembali dalam pemilu lokal itu, namun ternyata DPP menunjuk dirinya bersama Heru Sudjatmoko untuk maju pilgub.

“Pengalaman Jateng sudah pernah ada, kami diperintahkan oleh partai, diusung oleh partai, baru kemudian berproses,” katanya.

Ketua Komisi Pemilihan Umum Provinsi Jateng Joko Purnomo menyebutkan bahwa pemungutan suara Pemilihan Gubernur dan Waki Gubenur Jawa Tengah (Pilgub Jateng) diperkirakan berlangsung Juni 2018. “Pilgub Jateng diperkirakan Juni 2018, sedangkan tahapan pilgub akan dimulai pada Agustus 2017 dengan melibatkan pihak terkait,” ujarnya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya