SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/Dok)

Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/Dok)

Pilkada di Jawa Tengah diperkirakan membutuhkan dana sekitar Rp325 miliar. Jumlah itu dialokasikan untuk 16 Kabupaten Kota yang akan menggelar Pilkada pada 2015 

Promosi BRI Group Berangkatkan 12.173 Orang Mudik Asyik Bersama BUMN 2024

Kanalsemarang.com, SEMARANG – Total anggaran yang diajukan untuk pelaksanaan pemilihan kepala daerah di 16 kabupaten/kota di Provinsi Jawa Tengah pada 2015 mencapai Rp325 miliar.

“Anggaran pilkada untuk dua putaran yang diajukan oleh 16 KPU kabupaten/kota itu nominalnya berbeda-beda dan ada yang sudah disetujui serta masih dalam pembahasan,” kata Ketua Komisi Pemilihan Umum Jawa Tengah Joko Purnomo seperti dikutip Antara, Selasa (6/1/2015).

Ia menjelaskan anggaran 16 pilkada tersebut dialokasikan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah masing-masing kabupaten/kota.

“KPU Kota Semarang menganggarkan Rp46 miliar guna pilwalkot, namun ada yang menganggarkan di bawah Rp10 miliar seperti Kota Surakarta, Kota Magelang, dan Kota Pekalongan,” ujarnya.

Mantan Ketua KPU Kabupaten Wonogiri itu mengungkapkan jika pilkada berlangsung dalam satu putaran maka anggaran yang akan digunakan hanya separuh dari total anggaran yang diajukan.

Menurut dia, KPU Jateng dan 16 KPU kabupaten/kota telah menyiapkan dua skenario tahapan jika penyelenggaraan pilkada dilakukan serentak pada 2015 atau 2016.

“Kalau Perppu Nomor 1 Tahun 2014 disetujui oleh DPR pada Januari ini maka pilkada akan dilaksanakan Desember 2015, tapi kalau persetujuannya lebih dari bulan ini maka pilkada akan berlangsung pada 2016,” katanya.

KPU sebagai penyelenggara pilkada, kata Joko, siap melaksanakan pilkada di 16 kabupaten/kota karena regulasi, anggaran, dan berbagai kebutuhan logistik telah tersedia.

KPU Jateng saat ini masih menunggu pengesahan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2014 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Wali Kota terkait dengan jadwal pelaksanaan pemilihan kepala daerah di 16 kabupaten/kota pada 2015.

Ke-16 daerah di Jateng yang akan melaksanakan pilkada pada 2015 itu adalah Kota Pekalongan, Kota Semarang, Kabupaten Rembang, Kabupaten Purbalingga, Kabupaten Kebumen, Kota Surakarta, Kabupaten Boyolali, Kabupaten Kendal, Kota Magelang, Kabupaten Sukoharjo, Kabupaten Semarang, Kabupaten Purworejo, Kabupaten Wonosobo, Kabupaten Wonogiri, Kabupaten Klaten, dan Kabupaten Blora.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya